Bentuk Ta'dzim Syekh 'Athiyyah Shaqr dengan Syekh Ismail al-Adawy

BENTUK TA'DZIM SYEKH 'ATHIYYAH SHAQR DENGAN SYEKH ISMAIL AL-ADAWY

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Menurut yang diriwayatkan: 

"Kami dulu menghadiri pelajaran fiqh di majlis Sheikh `Aththiya Shaqr rahimahullah di masjid masjid dekat rumah beliau di Shubra pada tahun delapan puluhan. salah seorang mengeluarkan pertanyaan yang dijawab oleh beliau.. 

Dengan kecerdasan dan pengalaman, Syekh menyadari bahwa pertanyaan itu di luar kemampuan penanya, beliau pun berkata: "Apa yang membuatmu memikirkan soal ini?".

Si penanya menjawab: "Ku mendengarnya di pelajaran Syekh Ismail al-Adawi".

Syekh kaget dan bertanya: "Ismail al-Adawi ada mengajar fiqh?".

Kami semua berkata: "Iya".

$ads={1}

Syekh pun berkata: "Ku akan mencari tahu tentang ini",  beliaupun melanjutkan pelajaran, dan pada pengajian selanjutnya beliau berkata secara persis ucapan beliau:

"Benar, aku sudah tahu bahwa Syekh Ismail al-Adawi punya majlis pelajaran di bidang fiqh yaitu pada hari rabu setelah ashr di masjid al-Azhar, dan aku menyampaikan pada kalian tentang ditutupnya pengajian kita, aku juga menasehati kalian untuk menghadiri pengajian Syekh Ismail; karena hal itu akan lebih bermanfaat untuk kalian".

Benar nyata, belau menutup pengajiannya!

Padahal Syekh Ismail al-Adawi sering mengkritik Syekh `Aththiya Shaqr dalam acara "fatawa wa ahkaam" yang disiarkan di TV, dan hal itu sampai kepada Syekh `Aththiya".

Semoga Allah merahmati keduanya... dan kita mengikuti mereka berdua dalam kebaikan... aamiin. 

مما روي عنه: "كنا نحضر للشيخ عطية صقر رحمه الله تعالى درسا في الفقه بمسجد متوسط السعة قرب بيته بشبرا في الثمانينات، وسأله أحد الحضور سؤالا فأجابه .. وأدرك الشيخ بفطنته وخبرته أن السؤال أعلى من مستوى السائل فقال له: ما الذي جعل هذا السؤال يخطر ببالك؟ فقال السائل: سمعته في درس الشيخ إسماعيل العدوي.. فاندهش الشيخ عطية وسأل قائلا: إسماعيل العدوي له درس فقه؟ فقلنا له نعم ، فقال الشيخ: سوف أستوثق من هذا، وأكمل الدرس، وفي الدرس التالي قال الشيخ بالحرف: علمت أن للشيخ إسماعيل العدوي درسا في الفقه فعلا هو يوم الأربعاء بعد العصر بالأزهر، وأبلغكم بإلغاء درسنا هذا وأنصحكم بحضور درس الشيخ إسماعيل لأنه سيفيدكم أكثر. وألغى الدرس بالفعل!! هذا مع أن الشيخ إسماعيل العدوي كان كثيرا ما يعقب بالنقد على فتاوى الشيخ عطية صقر في برنامج فتاوى وأحكام الذي كان يذاع في التلفزيون، وكان ذلك يبلغ الشيخ عطية !!"

رحمهما الله رحمة واسعة وألحقنا بهما علي خير

Oleh: Hilma Rosyida Ahmad

Demikian Artikel " Bentuk Ta'dzim Syekh 'Athiyyah Shaqr dengan Syekh Ismail al-Adawy "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close