Syekh Muhammad Syadi Arbasy dan Kitab Hasyiyah at-Tarmasi

SYEKH MUHAMMAD SYADI ARBASY DAN KITAB HASYIYAH AT-TARMASI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Di dalam mobil sepulang dari Pondok Tremas menuju tempat istirahat, saya bertanya kepada Syaikhna Syadi Arbasy, "Ya Sayyidi, yang mentahqiq Hasyiyah at-Tarmasi hanya antum saja atau dibantu tim tahqiq Darul Minhaj?"

Beliau menjawab, "Miah bil miah. 100% saya yang menggarap. Saya mentahqiqnya malah di rumah saya di Damaskus, bukan di kantor Darul Minhaj. Sampai sekarang kertas-kertas saat mentahqiq Hasyiyah at-Tarmasi masih tersimpan rapi di rumah. Kalau ditumpuk, lebih tinggi daripada saya. Bahkan lebih tinggi dari dua meter."

Beliau juga pernah bercerita, bahwa beliau menghabiskan siang dan malam selama kurang lebih 2,5 tahun membersamai Syaikh Mahfudz at-Tarmasi dengan mentahqiq hasyiyahnya ini. Saat itu kisaran tahun 2008-2010.

Ternyata beberapa waktu setelah rampung mentahqiq kitab ulama Indonesia itu beliau dapat tawaran dari Syaikh Hasan Hitou untuk mengajar di Indonesia, tepatnya di STAI Imam Syafi'i Cianjur Jawa Barat.

$ads={1}

Alhamdulillah, 2010 beliau datang dan hingga sekarang masih aktif membimbing santri-santri di STAI Imam Syafi'i Cianjur.

Selama di Indonesia beliau belum ada kesempatan untuk berkunjung ke daerah asal Syaikh Mahfudz Tremas hingga akhir Januari tahun 2022. Itulah kunjungan pertama beliau ke Tremas. Sebelumnya, beliau meminta saya untuk membelikan Hasyiyah at-Tarmasi yang telah beliau tahqiq dan membawanya ke Tremas sebagai hadiah pengasuh PP. Tremas.

Sesampainya di Tremas, saat saya mengeluarkan kitab karya Syaikh Mahfudz Tremas sebesar 7 jilid terbitan Darul Minhaj itu dari mobil, beliau berkata, "Ini adalah pertama kali saya melihat fisik kitab tahqiqan saya ini, di Tremas."

Memang, setelah mentahqiq dan selesai cetak beliau belum pernah melihat hasil cetak Hasyiyah at-Tarmasi. Baru pertama kali melihat akhir Januari 2022, di Tremas.

30 Desember 2023

Perjalanan Blitar - Malang

Foto: Syaikh Syadi Arbasy ziarah makam KH. Abdul Mannan Dipomenggolo, kakek Syaikh Muhammad Mahfudz at-Tarmasi.

Oleh: Gus Nanal Ainal Fauz

Demikian Artikel " Syekh Muhammad Syadi Arbasy dan Kitab Hasyiyah at-Tarmasi "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close