Shalat Ghaib Setiap Selesai Shalat Isya

SHALAT GHAIB SETIAP SELESAI SHALAT ISYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dulu, Maulana Syekh Ali Jum`ah hafizhahullah dicemooh banyak orang..

Fasalnya: ada kapal yang membawa sejumlah pemuda Mesir menuju Eropa tenggelam di samudera, para pemuda itu meninggalkan Mesir tanpa surat resmi, bertujuan mencari kehidupan yang lebih layak di benua Eropa dengan menaiki sarana yang sangat tidak layak padahal mereka membayar dengan ongkos yang sangat tinggi, tenggelam dengan menelan banyak korban nyawa, sebelum bisa sampai ke benua Eropa secara ilegal.

Baca juga: Masih Adakah Kesunnahan Untuk Melaksanakan Shalat Ba'diyah Jumat Setelah Shalat Ghaib ?

Masyarakat awam mengharap sang mufti mengatakan kata-kata indah, ungkapan bahwa mereka syahid.

Tapi tidak, Maulana mengatakan bahwa itu adalah bagian dari perbuatan maksiat, dihukum bunuh diri.

Sekarang, pas corona, begitu banyak warga Mesir di barat, yang meminta dipulangkan.. pemerintah pun berusaha sekuat tenaga mengupayakan kepulangan mereka yang bisa dideteksi... Sebagaimana berupaya memulangkan sebagian warga Mesir yang tidak bisa pulang dari luar negeri sebab mereka melancong dsb.

Mungkin sebagian mereka ada yang meninggal di sana tanpa ada yang mengetahui identitas mereka sehingga tidak ada yang mengurus sebagaimana layaknya kaum muslim.

$ads={1}

Kita pun jadi sadar, bahaya jalan-jalan tanpa tujuan penting ke negeri non muslim seperti yang dinasehatkan Maulana Syekh Yusri Rusydi hafizhahullah karena dikhawatirkan meninggal tanpa ada yang mengurus..

Dan ada faedah dari Maulana Syekh Ali; bahwa di madzhab Syafi`i, di anjurkan setelah `isya, sebagai penutup sebelum tidur, kita shalat ghaib (shalat jenazah 4 takbir) untuk muslim di mana saja yang tidak dishalatkan, supaya melaksanakan kewajiban kita pada saudara kita..

Niatnya:

أصلي صلاة الجنازة على مَن لم يصلَّ عليه مِن المسلمين في العالم

"Aku shalat jenazah untuk orang yang tidak dishalatkan dari kaum muslim di alam".

Indahnya agama kita yang mengajarkan kepedulian dan kasih sayang.

Oleh: Hilma Rosyida Ahmad

Demikian Artikel " Shalat Ghaib Setiap Selesai Shalat Isya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close