Sholawat Badawiyah: Arab, Latin, Terjemahan, Keutamaan

SHOLAWAT BADAWIYAH: ARAB, LATIN, TERJEMAHAN, KEUTAMAAN, CARA MENGAMALKAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Sholawat Badawiyah atau yang juga dikenal dengan sebutan sholawat badawi, merupakan salah satu jenis sholawat yang terkenal di kalangan umat Muslim. Sholawat ini juga sering disebut dengan nama sholawat Al-Qobdloh dan sholawat badawi kubro.

Sholawat ini merupakan karya dari seorang sufi besar yang juga murid dari Syekh Abdul Qodir Al-Jailani, yaitu Syekh Ahmad Al-Badawi. Beliau adalah sosok yang unik, karena selalu berkomunikasi dengan Allah Swt bukan di masjid atau ruangan khusus, tapi di loteng rumahnya.

Syekh Ahmad Al-Badawi meninggal pada tahun 675 H di Kota Tanta, Mesir. Beliau adalah seorang sufi yang memiliki keturunan langsung dari Rasulullah Saw melalui garis nasab Sayidina Husein. Karena itu, masyarakat senantiasa memperingati hari wafatnya dengan mengadakan acara haul setiap pertengahan bulan Oktober untuk menghormati sosok beliau.

$ads={1}

Bacaan Sholawat Badiyah Arab, Latin dan Artinya

Berikut kami bagikan bacaan sholawat badawiyah arab, latin, dan artinya:

Bacaan sholawat badawiyah arab

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻭَﺳَﻠِّﻢْ ﻭَﺑَﺎﺭِﻙْ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻭَﻣَﻮْﻻَﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺷَﺠَﺮَﺓِ ﺍﻷَﺻْﻞِ ﺍﻟﻨُّﻮﺭَﺍﻧِﻴَّﺔِ . ﻭَﻟَﻤْﻌَﺔِ ﺍﻟْﻘَﺒْﻀَﺔِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﺎﻧِﻴَّﺔِ . ﻭَﺃَﻓْﻀَﻞِ ﺍﻟْﺨَﻠِﻴْﻘَﺔِ ﺍْﻹِﻧْﺴَﺎﻧِﻴَّﺔِ . ﻭَﺃَﺷْﺮَﻑِ ﺍﻟﺼُّﻮْﺭَﺓِ ﺍﻟْﺠِﺴْﻤَﺎﻧِﻴَّﺔِ . ﻭَﻣَﻌْﺪِﻥِ ﺍْﻷَﺳْﺮَﺍﺭِ ﺍﻟﺮَّﺑَّﺎﻧِﻴَّﺔِ . ﻭَﺧَﺰَﺍﺋِﻦِ ﺍﻟْﻌُﻠُﻮْﻡِ ﺍﻟْﺈِﺻْﻄِﻔَﺎﺋِﻴَّﺔِ . ﺻَﺎﺣِﺐِ ﺍﻟْﻘَﺒْﻀَﺔِ ﺍﻷَﺻْﻠِﻴَّﺔِ . ﻭَﺍﻟْﺒَﻬْﺠَﺔِ ﺍﻟﺴَّﻨِﻴَّﺔِ ﻭَﺍﻟﺮُّﺗْﺒَﺔِ ﺍﻟْﻌَﻠِﻴَّﺔِ . ﻣَﻦِ ﺍﻧْﺪَﺭَﺟِﺖِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻴُّﻮْﻥَ ﺗَﺤْﺖَ ﻟِﻮَﺍﺋِﻪِ ﻓَﻬُﻢْ ﻣِﻨْﻪُ ﻭَﺇِﻟَﻴْﻪِ . ﻭَﺻَﻞِّ ﻭَﺳَﻠِّﻢْ ﻭَﺑَﺎﺭِﻙْ ﻋَﻠِﻴْﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ . ﻋَﺪَﺩَ ﻣَﺎ ﺧَﻠَﻘْﺖَ ﻭَﺭَﺯَﻗْﺖَ ﻭَﺃَﻣَﺖَّ ﻭَﺃَﺣْﻴَﻴْﺖَ ﺇِﻟَﻰ ﻳَﻮْﻡِ ﺗَﺒْﻌَﺚُ ﻣَﻦْ ﺃَﻓْﻨَﻴْﺖَ ﻭَﺳَﻠِّﻢْ ﺗَﺴْﻠِﻴﻤﺎً ﻛَﺜِﻴﺮﺍً ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠّﻪِ ﺭَﺏِّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ.

Teks Sholawat Badawiyah latin

Allahumma Shalli ‘alaa Sayyidina Muhammadin Syajarotil ashlin nuurooniyyah, walam‘atil qob-dhotir rohmaaniyyah, waa afdholil kholiiqotil insaaniyyah, wa asyrofish-shurooti jasmaaniyyah wama’dinil asroori robbaniyyah, wa khozaa-inil ‘uluumil ishthifaa-iyyah shoohibil qobdhotil ashliyyah, wal baHjatis-saniyyah wa rutbatil ‘aliyyah man indarojatin nabiyyuna tahta liwa-ihi fahum minhu wa ilaihi. Wa sholli wa sallim wabarik ‘alaihi wa ‘alaa alihi wa shohbihi ‘adada ma kholaqta wa rozaqta wa amatta wa ahyaita ilaa yaumi tab’atsu man afnaita wa sallim tasliman katsiiron walhamdulillahi robbil ‘alamiin.

Baca juga: Sholawat Bariyyah: Lirik Arab, Latin, Sejarah dan Manfaatnya

Arti Sholawat Badawiyah

Ya Allah, limpahkan shalawat dan salam serta keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad Saw., sosok yang menjadi sumber cahaya kehidupan, cahaya genggaman sang Rahman, manusia paling mulia, wujud fisik yang paling indah, rahasia yang berasal dari Rabbani, penjaga ilmu yang terpilih, keindahan yang tinggi, derajat yang luhur, dan insan yang diikuti oleh para nabi lainnya. Mereka datang dari beliau dan akan kembali kepada beliau.

Limpahkan shalawat, salam, dan keberkahan kepada beliau, keluarga beliau, dan sahabat-sahabat beliau, sebanyak jumlah makhluk yang Engkau ciptakan, yang Engkau beri rezeki, yang Engkau matikan, dan yang Engkau hidupkan, hingga hari ketika Engkau membangkitkan mereka yang telah Engkau matikan sebelumnya. Limpahkanlah salam sejahtera sebanyak-banyaknya kepada beliau.

Dan segala pujian hanya milik Allah, Tuhan semesta alam.

Manfaat dan Fadhilah Sholawat Badawiyah

Sholawat Badawiyah adalah salah satu sholawat yang telah diriwayatkan oleh Sayid Ahmad Badawi Ra. 

1. Ketika kamu sedang menghadapi kesulitan atau bahaya, baik itu yang khusus maupun umum, bacalah sholawat ini sebanyak-banyaknya. Insya Allah, kamu akan merasakan ketenangan dalam hatimu.

2. Min Ba'dil Ulama, Barang siapa yang membaca shalawat ini sebanyak 100 kali dalam keadaan suci dari hadats, Allah SWT akan memudahkan segala urusannya. 

3. Jika kamu membaca sholawat Badawiyyah sebanyak 3 kali, pahalamu akan sama seperti membaca "Dalaailul Khairat" hingga khatam.

(Ini adalah penjelasan yang disampaikan oleh al 'arif billah Al Habib Sayid "Ali ibn "Abdirrohman Al Habsyi dalam kitab Fadhilatus Shalawat.)

4. Bagi yang ingin mendapatkan apa yang diharapkan, keinginan, atau cita-cita, ada beberapa keutamaan dalam mengamalkan sholawat badawi. Salah satunya adalah dengan melakukan puasa sunah selama 3 hari berturut-turut, dimulai dari hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Selama berpuasa, bacalah sholawat badawiyah sebanyak 21 kali setiap selesai menjalankan shalat.

5. Terakhir, jika kamu ingin bertemu dengan Nabi, kamu bisa mengamalkan membaca sholawat badawiyah selama 40 hari secara istikamah. Setelah itu, bacalah sholawat tersebut sebanyak 3 kali setelah menjalankan shalat Subuh dan Maghrib. Dengan melakukan hal ini dengan konsisten, kamu akan mendapatkan keutamaan yang luar biasa.

Penulis: rumah-muslimin

Demikian Artikel " Sholawat Badawiyah: Arab, Latin, Terjemahan, Keutamaan, Cara Mengamalkan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close