Silsilah Nasab Sunan Gunung Jati ke Imam Ubaidillah Menurut Manuskrip Kuno

SILSILAH NASAB SUNAN GUNUNG JATI KE IMAM UBAIDILLAH MENURUT MANUSKRIP KUNO

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Sunan Gunung Jati, yang juga dikenal sebagai Syarif Hidayatullah, lahir di Cirebon pada tahun 1448. Beliau merupakan putra dari seorang raja Hindu bernama Prabu Siliwangi. Namun, nasib berkata lain, Sunan Gunung Jati memilih untuk meninggalkan kehidupan istana dan menempuh jalan spiritual sebagai seorang ulama.

Seperti halnya para Wali Songo lainnya, Sunan Gunung Jati juga berperan penting dalam menyebarkan ajaran Islam di Jawa Barat. Beliau tidak hanya menjadi seorang ulama, tetapi juga seorang pendiri kerajaan Cirebon yang berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Kerajaan Cirebon yang didirikan oleh Sunan Gunung Jati menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam di wilayah Jawa Barat.

Baca juga: Nasab Kyai Abdul Jamil bin Kyai Muta'ad Bersambung ke Ba'alawi

Salah satu ciri khas Sunan Gunung Jati adalah kepribadiannya yang ramah dan menyenangkan. Beliau dikenal sebagai sosok yang sangat dekat dengan masyarakat, baik dari kalangan elit maupun rakyat biasa. Tidak heran jika banyak orang menganggapnya sebagai seorang tokoh yang karismatik dan menginspirasi.

Selama hidupnya, Sunan Gunung Jati melakukan banyak upaya untuk memperkuat ajaran Islam di tanah air. Beliau tidak hanya menyebarkan agama melalui dakwah, tetapi juga dengan membangun masjid-masjid dan pesantren-pesantren di berbagai daerah. Salah satu masjid yang dibangun oleh Sunan Gunung Jati adalah Masjid Agung Sang Cipta Rasa, yang hingga kini menjadi salah satu ikon kota Cirebon.

Baca juga: Nasab Wali Songo Bersambung ke Ba'alawi, Ini Buktinya!

Tidak hanya itu, Sunan Gunung Jati juga dikenal sebagai seorang ahli strategi politik yang cerdas. Beliau mampu menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak, baik dengan penguasa Hindu maupun dengan para pedagang asing yang datang ke wilayah Cirebon. Dengan kebijaksanaannya, Sunan Gunung Jati berhasil menciptakan kerukunan antarumat beragama dan memperkuat posisi Islam di tengah masyarakat yang majemuk.

$ads={1}

Silsilah Nasab Sunan Gunung Jati

Naqobah Dunia International Menyimpan Pohon Silsilah Ba'alawi dan Walisongo termasuk didalamnya Leluhur Eyang Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati).

Disinilah pohon Silsilah Semua Keturunan Bani Hasim dan Ali berpusat.

Berdasarkan data Naqobah Asrof Iraq yang asli, Data di Nqobah asrof mesir yang diakui pemerintahan mesir, Data Naqobah iran dan pohon silsilah yang tersimpan di Naqobah Asrof Hasyimiyun berkedudukan di Turki, Data Silsilah yang ditulis Imam al Nasafi abad ke-6 Hijriah yang manuskripnya sampai sekarang tersimpan di Museum Bukhara dekat Samarkand Uzbekistan. Silsilah Syarif Hidayatullah / Sunan Gunung Jati Cirebon sebagai berikut:

- Nabi Muhammad SAW

- Fatimah Az-Zahra

- Al-Imam Sayyidina Hussain

- Sayyidina ‘Ali Zainal ‘Abidin

- Sayyidina Muhammad Al Baqir

- Sayyidina Ja’far As-Sodiq

- Sayyid Al-Imam Ali Uradhi

- Sayyid Muhammad An-Naqib

- Sayyid ‘Isa Naqib Ar-Rumi

- Ahmad al-Muhajir

- Sayyid Al-Imam ‘Ubaidillah

- Sayyid Alawi Awwal

- Sayyid Muhammad Sohibus Saumi’ah

- Sayyid Alawi Ats-Tsani

- Sayyid Ali Kholi’ Qosam

- Muhammad Sohib Mirbath

- Sayyid Alawi Ammil Faqih

- Sayyid Amir ‘Abdul Malik Al-Muhajir

- Sayyid Abdullah Al-Khan

- Sayyid Ahmad Shah Jalal/ Ahmad Jalaludin Al-Khan (Sultan Negeri Rum)

- Sayyid Syaikh Jumadil Qubro/ Jamaluddin Akbar Al-Khan

- Sayyid Ali Nurul Alam /Raja Umdha bergelar Ratu Baniisrail

- Sayyid Abdullah Umadtuddin / Sultan Hud Mesir

- Syarif Hidayatullah / Sunan Gunung Jati Cirebon (tidak bergelar Makdhum Karya Pujangga Kraton)

- Sultan Maulana Hasanuddin (Pangeran Saba Kingking)








Sajarah Banten MS Peti 101b NBR 130 PNRI, hal. 19:

Pupuh III, asmarandana

Bait 4. Kang rumuhun Madhujati myang Susunan Wukir Jatya [Sunan Gunung Jati] wus masuhur [masyhur] ing sakabeh, yen Susunan Waliyullah punnika ingkang rama Yamani nagari nipun, kang ibu asalli reka.

Bait 5. nagara ing Bani Srail, saking Mardhasa satedhaknya mulanning aJawa reko,  sadya nyafangatken Jawa saking Rakmatthillah, Kang Agung Maha Luhur safaatting Rasulullah.

Sumber: Nyai Raden Ayu Linawati

Editor: rumah-muslimin

Demikian Artikel " Silsilah Nasab Sunan Gunung Jati ke Imam Ubaidillah Menurut Manuskrip Kuno "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close