Nasab Kyai Abdul Jamil bin Kyai Muta'ad Bersambung ke Ba'alawi

NASAB KYAI ABDUL JAMIL BIN KYAI MUTA'AD BERSAMBUNG KE BA'ALAWI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Polemik nasab ba'alawy hingga saat ini masih menjadi perdebatan publik. Awalnya, Kyai Imaduddin mengungkapkan di dalam jurnal ilmiahnya bahwa ba'alawi tidak memiliki bukti otentik (ilmiah) sebagai keturunan Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam.

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi masing-masing muhibbin untuk saling adu argumentasi terkait hal yang dipersoalkan melalui rana diskusi dan debat di media sosial, khususnya platform facebook.

Beberapa minggu terakhir, followers dari Kyai Imaduddin memperlebar permasalahan hingga ke nasab para kyai dan walisongo di Nusantara.

Mereka melakukan penelitian secara otodidak tanpa didampingi oleh pakar dan ahlinya dan menyimpulkan hasil penelitian berdasarkan asumsi pribadi yang cukup mengejutkan, salah satunya menyatakan bahwa Kyai Abdul Jamil bin Kyai Muta'ad tidak memiliki nasab yang tersambung ke Ba'alawi.

$ads={1}

Padahal hasil penelitian yang mereka lakukan tidak disertai dengan data sekunder. Ini yang mesti di klarifikasi agar informasi yang beredar tidak dikonsumsi publik secara mentah-mentah.

Gus Farihin dalam status facebooknya menjelaskan bahwa nasab Kyai Abdul Jamil bin Kyai Muta'ad bersambung ke ba'alawy. Hal ini didasari adanya bukti silsilah Kyai Abdul Jamil yang bersumber dari Keraton Kanoman.

Berikut sanggahan yang dipaparkan oleh Gus Farihin dalam status facebooknya:

 (Gambar: Silsilah Kyai Ahmad Zahid bin Kyai Abdul Jamil bin Kyai Muta'ad dari Keraton Kanoman. Src: Gus Farihin)

Silsilah Kyai Abdul Jamil bin Kyai Muta'ad, ayah Kh. Abbas Dan Kyai Ahmad Zahid (saudara beda ibu) Bersambung Ke Rasulullah Melalui Jalur Sayyid Ubaidillah.

Saya tahu, para pembenci dan pendengki tidak butuh dalil dan bayyinah, mereka hanya butuh doa dan hidayah, saya hawatir justru mereka malah kena tullah karena berani berbicara tanpa hujjah. Meski demikian, ilmu harus tetap dijunjung tinggi dan konflik ini harus segera teratasi dengan wasilah literasi. 

Di bawah ini saya hadirkan silsilah Kyai Ahmad Zahid bin Kyai Abdul Jamil bin Kyai Muta'ad (adik Mbah Soleh Benda Kerep). Catatan ini ada di Keraton Kanoman. Susunan nasab tersebut jelas menyebut Sayyid Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir sebagai leluhur dari para habaib dan wali songo. 

Baca juga: Polemik Nasab Habib Ba Alawi: Terbukti Keturunan Nabi Muhammad

Kira-kira mau ngelak apa lagi ya ? Masih mengklaim kalo wali songo bukan bagian dari Ba'alawi ? Kalo soal perilaku baik habaib maupun keturunan wali songo semua berpotensi melakukan dosa dan kedzoliman, tapi bukan berarti dengan mudah memutus nasab seseorang. Syekh Nawawi al-Bantani, Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari, Mbah Kholil Bangkalan Madura, Gus Dur, Mbah Maimun Zubair, Gus Baha sampai Syekh Mahdi Roja'i yg mentahqiq Kitab Syajaroh Al Mubarokah sendiri mengakui kesahihan nasab Ba'alawi, lah sekarang ada kiai-kiai anyaran malah dengan lantang menafikkan, malahan leluhurnya sendiri dinafikkan seolah LBH alim dari leluhurnya. Apa itu namanya GX gendeng kuadrat? 

Sumber: Gus Farihin

Editor: rumah-muslimin 

Demikian Artikel " Nasab Kyai Abdul Jamil bin Kyai Muta'ad Bersambung ke Ba'alawi "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close