Harta Tidak Akan Habis Jika Rajin Sedekah dan Bersifat Pemurah

HARTA TIDAK AKAN HABIS JIKA RAJIN SEDEKAH DAN BERSIFAT PEMURAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjamin bahwa orang yang rajin bersedekah dan punya sifat pemurah (gampang memberi) tidak akan habis hartanya. Beliau bersabda: 

مَا نَقَصَ مَالٌ بِصَدَقَةٍ

Harta tidak akan berkurang dengan bersedekah

Bukti dari ucapan Rasulullah itu adalah harta Sayyidina Usman bin Affan radhiyallahu anhum yang hingga hari ini masih memberi manfaat bagi semua umat Nabi Muhammad. Sayyidina Usman meninggalkan harta berupa sumur, tanah dan kebun kurma yang diwakafkan untuk keperluan umat saat ini. 

Yang mendapat manfaat dari harta wakaf Sayyidina Usman itu bukan saja orang-orang yang fakir atau miskin, tapi juga umat muslim yang kaya. 

Saya pernah punya senior lawyer terkenal pada masanya kelahiran Surabaya, namanya Hidayat Achyar. Beliau merupakan putera Sersan Achyar, orang yang menyebabkan tewasnya Jenderal Mallaby di dalam pertempuran 10 November 1945. 

Hidayat Achyar atau Bang Dayat, ini dikenal sebagai seorang lawyer yang sangat dermawan. Beliau pernah cerita memberangkatkan haji semua gurunya, mulai dari sejak beliau SD sampai SMA. Itu dilakukan sebagai ungkapan terima kasih atas jasa semua gurunya. Selama menjalani profesi sebagai lawyer banyak yunior yang diberikan pekerjaan sehingga mereka menjadi lawyer yang sukses. Beliau juga membiayai banyak muallaf yang kehilangan pekerjaan karena mempertahankan iman islamnya. Tidak sedikit santri yang beliau biayai berangkat belajar ke Saudi, Yaman, Mesir atau Yordan untuk menambah ilmu agama.

Beliau sengaja membangun rumah dengan ukuran sangat besar 5300 M² untuk mengadakan majelis ta'lim dan pertemuan dengan teman-teman kuliah, teman sekolah, atau acara para junior fakultas hukum. Singkat kata, beliau banyak mengeluarkan uang untuk kegiatan yang maslahat tanpa berhitung untung ruginya.

$ads={1}

Namun meskipun banyak mengeluarkan uang untuk kepentingan orang banyak, harta beliau tidak berkurang. Justru, beliau selalu mendapat tambahan dari jalan yang tidak disangka-sangka. Beliau membuktikan janji Allah:

{ فَأَمَّا مَنۡ أَعۡطَىٰ وَٱتَّقَىٰ } { وَصَدَّقَ بِٱلۡحُسۡنَىٰ } { فَسَنُیَسِّرُهُۥ لِلۡیُسۡرَىٰ }

Maka barangsiapa memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, dan membenarkan (adanya pahala) yang terbaik (surga), maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kemudahan (kebahagiaan). 

[Surat Al-Lail: 5-7]

Sebaliknya, Rasulullah juga mengecam sikap bakhil (pelit). Beliau bersabda: 

البخيل بعيد من الله وبعيد من الناس وقريب الى النار

Orang pelit itu jauh dari Allah, dijauhi manusia dan dekat ke neraka (hadits dikutip dari Durratun Nashihin)

Baca juga: Amalan Agar Rezeki Terus Dicukupi, Ijazah dari KH Cholil Bisri

Bahkan Allah juga mengecam orang yang memelihara sifat bakhil : 

{ وَأَمَّا مَنۢ بَخِلَ وَٱسۡتَغۡنَىٰ } { وَكَذَّبَ بِٱلۡحُسۡنَىٰ } { فَسَنُیَسِّرُهُۥ لِلۡعُسۡرَىٰ }

Dan adapun orang yang kikir dan merasa dirinya cukup (tidak perlu pertolongan Allah), serta mendustakan (pahala) yang terbaik, maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kesukaran (kesengsaraan).

[Surat Al-Lail: 8-10]

JANGAN PELIT, KARENA HARTA YANG DIDAPAT BELUM TENTU MENJADI SYAFA'AT DI ALAM KUBUR NANTI.

Oleh: KH. Abdi Kurnia Djohan

Demikian Artikel " Harta Tidak Akan Habis Jika Rajin Sedekah dan Bersifat Pemurah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close