Doa Tasmiyah (Doa Pemberian Nama Anak): Lafadz Arab, Latin, Terjemahan

DOA TASMIYAH (DOA PEMBERIAN NAMA ANAK): LAFADZ ARAB, LATIN, TERJEMAHAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Nama adalah identitas kita yang akan selalu menyertai kita sepanjang hidup, dari lahir hingga mati. Nama kita melekat dalam diri kita, mencerminkan siapa kita sebenarnya. Nama kita bisa menjadi sumber kehormatan atau kehinaan bagi kita. Oleh karena itu, memberikan nama yang indah kepada anak kita adalah tanggung jawab pertama orang tua.

Anak adalah anugerah dan ujian bagi orang tua di dunia dan akhirat. Kehadirannya membawa kebahagiaan dan tanggung jawab besar bagi kita sebagai orang tua. Namun, di tengah-tengah kegembiraan ini, kita juga harus mengingat pentingnya memberikan doa kepada Allah saat memberikan nama kepada anak kita.

Dalam tradisi Jawa, ada sebuah upacara yang unik terkait dengan penyambutan kelahiran bayi. Upacara ini disebut puputan, dan biasanya dilakukan saat bayi berusia 5, 7, atau 12 hari setelah pusar bayi putus atau puput, seperti yang disebut dalam bahasa Jawa. Tujuan dari upacara puputan ini adalah untuk memohon keselamatan bagi sang bayi.

Baca juga: Metode Mendidik Anak dari Syekh Yusri al Hasani

Rangkaian upacara puputan ini melibatkan beberapa tahapan yang menarik dan penuh makna. Pertama-tama, ada kenduri, yaitu acara makan bersama keluarga dan tetangga terdekat. Suasana kenduri ini sangat meriah, di mana semua orang berkumpul dan menikmati hidangan lezat yang disajikan.

Selanjutnya, ada bancakan, yaitu prosesi memberikan makanan kepada bayi. Biasanya, makanan yang diberikan adalah nasi kuning dan lauk-pauk lainnya. Bancakan ini memiliki simbolik yang dalam, karena melambangkan harapan agar sang bayi tumbuh sehat dan kuat.

Setelah itu, ada tuguran, yaitu acara doa bersama yang dipimpin oleh pinisepuh atau sesepuh adat setempat. Doa-doa yang dipanjatkan dalam tuguran ini berisi permohonan keselamatan bagi sang bayi dan keluarga. Suasana tuguran biasanya sangat khidmat dan penuh kebersamaan.

Tirakatan juga merupakan bagian penting dari upacara puputan. Dalam tirakatan, orang-orang akan membawa sesajen dan berziarah ke makam nenek moyang mereka. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur dan juga sebagai ungkapan rasa syukur atas kelahiran sang bayi.

Tahap terakhir dari upacara puputan adalah pemberian nama bayi. Biasanya, nama yang diberikan memiliki makna yang mendalam dan dipilih dengan hati-hati. Nama ini akan menjadi identitas bagi sang bayi sepanjang hidupnya.

Upacara puputan biasanya dilakukan setelah maghrib, agar semua anggota keluarga dan tetangga dapat hadir. Semua orang berkumpul dengan penuh sukacita dan kebahagiaan, karena kelahiran seorang bayi dianggap sebagai anugerah yang besar.

Bagi keluarga yang mampu, upacara puputan ini bisa dilakukan bersamaan dengan Aqiqah. Aqiqah adalah tradisi penyembelihan kambing gibas, di mana dua ekor untuk bayi laki-laki dan satu ekor untuk bayi perempuan. Daging kambing ini kemudian dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan orang-orang yang membutuhkan.

$ads={1}

Pada proses pemberian nama bayi inilah, kedua orang tua akan memanjatkan doa kepada Allah agar anaknya kelak menjadi hamba yang mendapat petunjuk-Nya, diberi taufik untuk berbuat kebaikan, dan dimuliakan di dunia dan akhirat. Adapunya do'a yang dipanjatkan sebagai berikut:

Doa Tasmiyah Lafadz Arab, Latin, Terjemahan

Doa Tasmiyah Arab

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ, وَعَلٰى اٰلِ مُحَمَّدٍ, الَّذِى نَادٰى اُمَّهٗ كُلُّ نَبِيٍّ إِهْتَدَى, اِذَا وَضَعْتِ شَمْسَ الْفَلَاحِ فَسَمَّيْهِ مُحَمَّدًا, هُوَ الْمَوْلُوْدُ نَظِيْفًا, مَّقْطُوْعَ السُّرَّةِ مُضِيْئًا نُّوْرُهٗ لِكُلِّ جِهَةٍ مُّقَدَّسًا رُّوْحُهٗ اَبَدًا.

اَللّٰهُمَّ يَامَنْ لَمْ يَتَّخِذْ صَاحِبَةً وَّلَا وَلَدًا, وَّلَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا اَحَدٌ. فَكُنْ لِهٰذَا الْطِفْلِ صَاحِبًا وَّكَافِلًا, وَاحْفَظْهُ مِنْ شَرِّ الْجِنِّ وَاْلاِنْسِ وَاُمِّ الصِّبْيَانِ وَاُمِّ مَلْدَمِ وَمِنْ وَسْوَاسِ الْجَاهِلِيَّةِ, وَمِنْ كُلِّ بَلَۤاءٍ وَّعَاهَةٍ وَّكُلِّ سُوْءٍ, الخَارِجِ مِنَ اْلاَرْضِ وَالنَّازِلِ مِنَ السَّمَآءِ, وَاحْرُسْهُ بِحَضَانَتِكَ وَكَفَالَتِكَ بِدَوَامِ عِنَايَتِكَ الْمَحْمُوْدَةِ وَرِعَايَتِكَ النَّافِذَةِ,

نُقَدِّمُ بِهَا عَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنَا مِنْ حُقُوْقِ رُبُوْبِيَّتِكَ, وَنَدَبْتَنَا اِلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ خَلْقِكَ, مِنْ مَكَارِمِ اْلاَخْلاَقِ وَاَطْيَبِ اْلاَرْزَاقِ, وَ يَسِّرْلَنَا وَلَهٗ فِىْ اُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ. اَصْبَحَ الْخَيْرُ كُلُّهٗ بِيَدِكَ, وَاَمْرُ كُلِّ شَيْئٍ رَّاجِعٌ اِلَيْكَ, فَوَفِّقْنَا لِمَاۤ اَمَرْتَنَا, وَاَعِنَّا عَلٰى مَا بِهٖ كَلَّفْتَنَا, وَانْفَعْنَا بِمَا رَزَقْتَنَا مِنَ اْلاَوْلَادِ. وَلاَتَجْعَلْهُمْ فِتْنَةً لَنَا فِى اْلاَمْوَالِ وَاْلاَحْوَالِ وَاْلاَفْعَالِ وَاْلاِعْتِقَادِ.

وَاجْعَلْهُمْ مِنْ اَهْلِ الْعِلْمِ وَاْلاَدَبِ وَجَمِيْعِ الْخَيْرِ, وَلاَتَجْعَلْنَا وَاِيَّاهُمْ مِنْ اَهْلِ الزَّيْغِ وَالظُّلْمِ وَالضَّيْرِ. فَقَدْ سَمَّيْنَا هٰذَا الْمَوْلُوْدَ بِاسْمِ ………. فَبَارِكْ لَنَا فِىْ اُمُوْرِهٖ, حَتّٰى نَشْهَدَهٗ بِخَيْرِ عَمَلِهٖ يَوْمَ تَدْعُوْا كُلُّ اُنَاسٍ بِاَسْمَاۤئِهِمْ بِاَحْسَنِ اَسْمَاۤءٍ. فَثَبِّتْهُمْ بِاَيْمَانِهِمْ يَوْمَ تَخْتِمُ عَلٰى اَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُكَ اَيْدِيْهِمْ وَاَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ.

رَبَّنَا أٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى اْلاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Doa Tasmiyah Latin

Bismillahhirrohmanirrohiim

Allahuma solli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidina wamaulana Muhammaddin wa 'alaa aalihi muhammad. Alladzi nadaaa ummahu kullunabiyyin 'ihtada, izaa waddlo'ti syamsalfalahi Fasammaahi muhammadaa Huwal mauludu nadhiifaan, Maqtu assurruroti, mudli'annurohulikulli Jihatim muqoddasaarohuhu abadaan.

Allahumayamanlam yattahiz sohibattaw walawaladaa, Walam yalid walam yulad walam yakulahukuffuan ahad, Fakun lihadzaltifli Sohibawwakafila, Wafadh-hu min syarriljinni wal insi wa ummish shibyani wa ummi maldami wamin waswasiljahiliyyah, wa min kulli balaa'in wa'aahaattin wakulli suu', Alkhorijiminal ardli wannazili minnasmaa'a, Wa Rushu bihhadlonatika wa kafalitika bidawami 'inayatikal mahmudah 'ayatikannafidzah.

Nuqoddimu bihaa 'alaalqiyami bimaa kallaftanaa min huqukirubu biyyatika, Wa nadabtanaa ilaihi fiimaa baynanaa wa bayna kholqika, min makarimil Akhlaqi wa atyabil arzaaq, wa yassirlanaa wa lahu fii umuriddunya waddiin.

Asbahal khoyrukulluhu biyadika, wa amru kulli syai'in rroji'un ilayk, fawafiqnaa lima amro tanaa, wa a'inna'alaa maabihii kallaftanaa, Wangfa'naa bimaa rozaqtanaa, Minal aulad, Walaa taj'alhum fitnaataan lanaa fii amwaali wal ahwali wal af'ali wal 'itiqod

waj'alhum min ahlil 'ilmi wal adabi wa ja'miy'il khoir, wala taj'alna wa iyyahum min ahlilzzyqi' wa dzulmi wadl dzhoir, Faqodsammainaa Haadzaal maulud, bismi.......(Nama anak) fabariklanaa fiiy ummurihii, hatta nasyhadahu bikhoyri 'amaalihi yaumatad 'uwkullu unnasiin bi-asmaa'ihim biahsaniasmaa', Fasabbithum bi-aymanihim yaumatahtimu 'alaa afwahihim wa tuklimuka aydihim wa arjuluhum bima kanu yaksibun

Robbana atina fiddunya hasanah wa filakhiroti hasannah wa qina adzabannar. Subahanaka robbikal robbil 'izati amma yasifun wa salammu 'alaa mursalin wal hamdulillahi robbil 'alaamiin..

Arti Doa Tasmiyah

Dengan keluhuran Nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Ya Allah, limpahkanlah rahmat keagungan, keselamatan dan keberkahan, atas junjungan kami, penolong kami, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, dan atas keluarga Nabi Muhammad.

Dia adalah hamba yang ketika dalam kandungan, seluruh para Nabi memanggil ibunya, “Wahai Aminah, jika engkau melahirkan “Syamsul Falah : Matahari kemenangan”, maka berilah nama Muhammad”. Dialah hamba-Mu yang dilahirkan dalam keadaan sudah bersih, sudah terpotong tali pusarnya, benderang cahayanya memenuhi segala arah, tersucikan ruhnya selama lamanya.

Ya Allah, wahai Dzat yang tidak membutuhkan teman dan anak keturunan, Wahai Dzat yang tidak memiliki anak dan tidak dilahirkan, wahai Dzat yang tidak ada satupun yang sama dengan-Mu. Jadilah Tuan teman dan pelindung untuk anak ini. Jagalah ia dari keburukan jin dan manusia, dari keburukan ummish shibyan dan ummi maldam (Setan yang mengganggu anak-anak), jagalah ia dari was was jahiliyah, jagalah ia dari setiap bala, penyakit dan setiap keburukan, yang keluar dari bumi dan turun dari langit. Lindungilah dia dengan kepengasuhan-Mu dan perlindungan-Mu, dengan langgengnya pertolongan-Mu yang Maha Terpuji, dengan pemeliharaan-Mu yang kuat pengaruhnya.

Semoga ia dijadikan orang yang menegakkan hak-hak keTuhanan-Mu yang menjadi tanggung jawabnya, Engkau menjadikan dia memiliki akhlak yang mulia dan rizki yang bersih di antara sesama makhluk-Mu. Mudahkanlah baginya dalam urusan-urusan dunia dan agama. Segala kebaikan ada dalam kekuasaan-Mu, semua urusan kembali kepada-Mu, maka berilah kami taufik bisa menjalankan apa yang diperintahkan pada kami, tolonglah agar bisa menjalankan apa yang dibebankan pada kami, berilah manfaat dari anak-anak telah engkau riziki-kan untuk kami. Jangan jadikan mereka cobaan bagi kami dalam harta, dalam keadaan, dalam perbuatan dan dalam keyakinan kami.

Jadikanlah mereka ahli ilmu dan adab juga ahli kebaikan, jangan jadikan kami dan mereka ahli penyimpangan, kedhaliman dan kerusakan (bahaya). Kami telah menamai bayi yang dilahirkan ini dengan nama ...... maka berkahilah kami dalam urusan urusannya, sehingga kami menyaksikannya memiliki amal amal baik pada hari kiamat (hari Engkau memanggil setiap manusia dengan nama-nama mereka). Mantapkanlah iman mereka pada hari engkau kunci mulut mulut mereka dan engkau izinkan berbicara tangan dan kaki mereka tentang apa apa yang telah mereka usahakan selama di dunia.

Ya Allah, Dzat yang menciptakan dan memelihata kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.

Maha suci Allah tuhan-Mu, tuhan yang maha agung, Ia suci dari apa pun yang engkau sifati, dan kesejahteraan semoga terlimpah atas para utusan (Rasul). Segala puji hanya milik Allah, pencipta dan pemelihara alam semesta.

Penulis & Editor: rumah-muslimin

Demikian Artikel " Doa Tasmiyah (Doa Pemberian Nama Anak): Lafadz Arab, Latin, Terjemahan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close