Abah Guru Sekumpul: Biografi, Keilmuan, Guru, Karomah

ABAH GURU SEKUMPUL: BIOGRAFI, KEILMUAN, GURU, KAROMAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Abah Guru Sekumpul adalah sosok ulama yang disegani semua lapisan masyarakat Kalimantan pada khususnya Kalsel, oleh karena itu sewaktu kajian beliau dihadiri ribuan bahkan ratusan ribu jamaah setiap minggunya. Yang hadir mulai dari orang awam, santri tingkat bawah menengah dan atas, Guru dan Tuan guru seperti Guru Salman Jalil juga para habaib sperti Habib Zein Al Habsyi pembawa maulid Al Habsyi ke Kalsel (padahal keduanya guru beliau sendiri), pejabat seperti Bupati hingga kepala polisi juga TNI.

Keberkahan pengajian beliau sangat terasa biasanya untuk laki-laki sehabis ashar pada hari minggu dan kamis,dilanjutkan membaca sholawat maulid Al Habsyi dan qoshidah Al Burdah sehabis magribnya. Ditambah juga ratibul haddad, ratibul 'attthos, dalail khairat, hizib dan thoriqoh Sammaniyah beliau pimpin langsung pada hari juga jam lainnya. Sedangkan kajian jamaah wanita pada sabtu pagi. Beliau tidak hanya membimbing ilmu syari'ah misalnya tauhid, fiqh dan tashawwuf. Bahkan memimpin thoriqoh itu sendiri dalam mengamalkannya, terus diisi haqiqat agar syariat dan thoriqot lebih sempurna juga sejalan dalam hal ini Al Ihsan. Terkadang beliau isi dengan mendatangkan dokter spesialis paru jantung dan sebagainya, agar masyarkat tahu bahwa kesehatan itu penting dan hukumnya fardhu kifayah dalam satu kampung.

Baca juga: Ijazah Dzikir Tarekat Sammaniyah oleh Abah Guru Sekumpul

Beliau adalah ulama yang dikaruniai kecerdasan dan terbilang komplit dalam keilmuan. Hampir semua fan ilmu beliau kuasai dari nahu, shorof, tajwid, balaghoh manthiq, ushul fiqh, ushul hadist, arudh dan terlebih ilmu syariat 3 diatas. Bahkan beliau hafal al quran juga tafsirnya yakni tafsir Jalalain, nahu alfiyyah Ibn Malik dan fiqh Hasyiyah Al Bajuri terlebih lagi Fathul Qarib.

Guru-gurunya

Guru dari beliau sangatlah banyak bahkan mencapai lebih dari 200 orang, baik guru dirayah dan riwayah seperti Tuan Guru Husein Dahlan, Tuan Guru Muhammad Semman Mulia,Tuan Guru Salman Jalil, Tuan Guru Salim Ma'ruf, Tuan Guru Husin Qodri dan Tuan Guru Muhammad Sya'rani 'Arif.Dan untuk riwayah tabarruk beliau mengambil dari Sayyd Hasan bin Muhammad Al Masyath, Sayyid Hasan bin Muhammad Fad'aq, Sayyid Muhammad bin 'Alwi Al Maliki, Syeikh Zakariyya bin Abdullah Bila, Syeikh Yasin Al Fadani dan Syeikh Ismail Al Yamani. Sedangkan guru murabbi mursyidnya dalam menjalani tarbiyah shufiyyah adalah Syeikh Muhammad Syarwani 'Abdan Bangil,Kiai Tubagus Muhammad Falak Bogor dan Sayyid Muhammad Amin Al Kutbi Al Makkii.

$ads={1}

Karomah

Diantara keramat beliau yang sangat sering beliau katakan adalah hendaklah berlaku istiqomah dalam ilmu dan ibadah, bahkan beliau mengajar pernah di atas tempat tidur sambil memakai infus, terkadang pada malamnya cuci darah dan besok sorenya beliau memimpin majlis ta'lim lagi. Keramat lainnya banyak orang fasiq, penzina, pemabuk, perampok, penjudi dan sebagainya akhirnya bertaubat. Juga orang non muslim akhirnya mau bersyahadat. Dan setengah keramat beliau pula yang diriwayatkan oleh Tuan Guru Khudori dan Tuan Guru Ahmad Bakri bahwa keduanya melihat beliau di Makkah pada musim haji yang berbeda, padahal beliau tidak berangkat pada haji tahun itu dan berada di rumah.

Baca juga: Polemik Nasab Syekh Samman Al Madani dan Sikap Kita

Wasiat

Diantra washiat beliau:

1. Menghormati ulama khususnya ulama fiqh, tashawwuf dan al quran

2. Lurus hati tidak khianat

3. Murah diri suka menolong 

4. Murah tangan suka memberi

5. Manis Muka

6. Menahan kejahatan

7. Memaafkan kesalahan

8. Membantu orang faqir dan miskin

9. Jangan mengharap sampai kepada Allah melainkan mengikuti sunnah Rasulullah

10. Jangan merasa lebih dari orang lain dan merasa bershifat wujud

11. Carilah ilmu agama dengan syarat ilmu dan gurunya harus berdasarkan Ahlus Sunnah wal Jamaah

Lahir dan Wafatnya

Beliau dilahirkan pada malam rabu 27 muharram pada tahun 1361 hijriyyah bertepatan 11 februari tahun 1942 masehi, diwafatkan pada hari rabu 5 rajab 1426 H atau 10 agustus 2005 M. Pada pagiya beliau wafat seolah-olah kehidupan terhenti sesaat pada hari itu karena masyarakat berbondong-bondong  ribuan orang mengantarkan Guru Tercinta ke peristirahatan terakhirnya dan iringan isak tangis terdengar silih berganti mengiringi kepergian beliau. Hampir semua kantor dan pasar di Martapura juga sekitarnya tutup, termasuk sekolah pesantren kami Al Mursyidul Amin Gambut diliburkan pada hari itu.Beliau dimasukkan ke liang kubur bertepatan berkumandang adzan ashar di depan musholla Ar Raudah Sekumpul Martapura Kalsel.

Oleh: Ustadz Noor Medani

Demikian Artikel " Abah Guru Sekumpul: Biografi, Keilmuan, Guru, Karomah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close