Khalid Basalamah; Ulama Salafi yang Paling Banyak Salah

KHALID BASALAMAH; ULAMA SALAFI YANG PALING BANYAK SALAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ustadz Khalid Basalamah (UKB) adalah penceramah Wahabi yang paling populer dan diminati masyarakat awam, tetapi konten ceramah dia termasuk yang paling parah jika dibandingkan dengan penceramah Wahabi lain. Banyak kajian fikih dan akidah dia yang bermasalah dan sembrono. Yang terakhir saya lihat dia mengulas hukum melafalkan niat sholat dan puasa yang justru menampakkan dia bukan orang yang memahami masalah ini dengan baik. Dan salah satu video dia yang lewat di beranda FB saya hari ini adalah pernyataan dia bahwa ayah ibu Rasulullah ï·º masuk neraka, karena mereka musyrik dan menyembah berhala sebagaimana Abdul Muthalib, kakek beliau. 

Menurut saya, ucapan UKB ini sangat keliru. Bahkan saya sebut sebagai kedustaan sebab (insha Allah) tidak ada riwayat yang mendukung halu dan pernyataan dia. Memang orang tua Rasulullah ï·º selamat masuk syurga bukan ijma'. Ada segolongan kecil ulama' yang menyebut mereka di neraka dan alasannya bukan karena musyrik dan menyembah berhala, tapi belum bertauhid saja. 

$ads={1}

Ahlul fatrah (termasuk kakek dan orang tua Rasulullah) yakni orang-orang yang hidup di masa kekosongan diutusnya rasul dibagi menjadi tiga (3) golongan:

1. Mereka yang musyrik, menyembah berhala dan menyekutukan Allah seperti Amr bin Luhay. Dari mereka juga ada yang menyembah jin dan malaikat. Dan ini adalah kondisi terbanyak manusia yang hidup pada masa fatrah. 

2. Mereka yang bertauhid karena bashiroh (mata hati) mereka atau mempedomani agama Hanif Nabi Ibrahim seperti Qis bin Sa'idah dan Zaid bin Amr bin Nufail, Waraqoh bin Naufal, Tubba' dan lain-lain. 

3. Mereka yang tidak musyrik, tidak muwahhid, dan tidak pula membuat-buat agama atau syari'at. Dan kakek Rasulullah ï·º dan ayah ibu Rasulullah ï·º ada pada golongan ini. Malah menurut Imam Jalaluddin as-Suyuthi, ayah dan ibu Rasulullah ï·º masuk golongan ahli fatrah yang kedua, sebab mereka mengikuti agama Hanif Nabi Ibrahim. 

Baca juga: Penyesalan Ayah Khalid Basalamah Memondokkan Anaknya Ke Arab Saudi

Golongan nomer dua masuk syurga sebagaimana nash Rasulullah ï·º dan golongan nomer tiga juga masuk syurga menurut jumhur ulama' Ahlussunnah wal Jama'ah. Adapun yang disiksa adalah ahli fatrah golongan pertama. 

Dengan demikian, perkataan UKB sangat menyalahi apa yang dikatakan oleh ulama' Islam.

Oleh: KH. Hidayat Nur

Demikian Artikel " Khalid Basalamah; Ulama Salafi yang Paling Banyak Salah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close