KH Soleh Rohmani; Ulama Permata Betawi yang Alim dan Sederhana

KH SOLEH ROHMANI; ULAMA PERMATA BETAWI YANG ALIM DAN SEDERHANA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Nama KH Soleh Rohmani mungkin hanya dikenal di kalangan terbatas seperti kyai atau ustadz. Beliau memang bukan muballigh sebagaimana penceramah yang umumnya dikenal kalangan awam. KH Soleh Rohmani merupakan seorang alim yang konsisten dengan thoriqohnya, yaitu al-tadris wa al-ta'lim (mengajar dan belajar). 

KH Soleh Rohmani menyelesaikan pendidikannya di Madrasah Darul Ulum Makkah dan Universitas Ummul Qura sampai jenjang Magister. Beliau merupakan murid dari Musnid ul-Ashr Syaikh Muhammad Yasin bin Syaikh Muhammad Isa al-Fadani. Agak berbeda dengan kebanyakan murid Syaikh Yasin lainnya, KH Soleh Rohmani--bersama dengan seniornya Dr.KH. Abdul Muhith Abdul Fattah--mengambil spesialisasi fiqih dan bahasa sebagai keahliannya. 

Setelah wafatnya Dr.KH. Abdul Muhith pada tahun 2013, KH Soleh Rohmani merupakan satu-satunya murid Syaikh Yasin al-Fadani yang kini konsisten mengajarkan ilmu fiqih kepada para asatidz dan masyarakat. 

Di dalam sebuah kesempatan, KH Soleh Rohmani pernah bercerita bahwa setiap datang waktu libur, beliau sering berkunjung ke qabilah-qabilah di pedesaan Jazirah untuk mempelajari lahjah (dialek) mereka. Kata beliau, banyak dialek qabilah Arab yang masuk menjadi kosakata al-Qur'an dan hadits. Di samping itu, dialek qabilah-qabilah itu belum tercampur pengaruh bahasa luar Arab. 

Seorang ahli fiqih, memang dituntut mempunyai pengetahuan yang mendalam terhadap bahasa Arab. Tanpa pengetahuan itu, akan sulit baginya untuk mengeksplorasi kandungan hukum yang terdapat di dalam al-Qur'an dan Sunnah. 

$ads={1}

KH Soleh Rohmani merupakan sosok alim yang hidup di dalam kesederhanaan. Sampai hari ini beliau tidak memegang hp atau smartphone. Satu-satunya cara menghubungi beliau adalah dengan menghubungi telpon rumahnya. Meskipun tidak memegang hp, KH Soleh Rohmani sebagai ulama yang sangat disiplin di dalam manajemen waktu. Beliau jarang terlambat hadir di majelis yang diampunya. Dan yang membuat kagum lagi adalah beliau selalu mengendarai sepeda motor untuk menjangkau lokasi mengajar walaupun jauh. 

Kesederhanaan ini rupanya yang membuat khibrah beliau semakin tajam di dalam menganalisis masalah fiqih. 

Semoga Allah panjangkan usia KH Soleh Rohmani dan Allah jadikan semua ilmu yg beliau ajarkan bermanfaat bagi umat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Oleh: KH. Abdi Kurnia Djohan

Demikian Artikel " KH Soleh Rohmani; Ulama Permata Betawi yang Alim dan Sederhana "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close