Perbedaan Silaturahmi dan Ziarah Beserta Contohnya

PERBEDAAN SILATURAHMI DAN ZIARAH BESERTA CONTOHNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Kata "rahmi" dalam frasa Silaturrahmi sebenarnya merujuk pada makna mahram alias keluarga inti yang dilarang saling menikah. Jadi, silaturahmi berarti menyambung kontak dengan mahram, seperti kedua orang tua, kakek-nenek, paman dan bibi kandung serta saudara kandung dan keponakan kandung. Hukum silaturahmi adalah wajib kecuali ada uzur. 

Termasuk uzur menurut ulama Malikiyah adalah ketika diremehkan sebab miskin, maka si miskin menjadi tidak wajib bersilaturahmi ke si kaya yang memandangnya sebelah mata. Ini banyak terjadi di mana keluarga miskin tersisihkan di antara saudara-saudara yang kaya.

Sedangkan ziarah adalah berkunjung secara umum, baik itu ke tetangga, saudara non-mahram seperti sepupu, dua pupu saudara se bani, atau teman-teman dan kolega. Makna ziarah yang umum ini yang kemudian dalam bahasa Indonesia diserap untuk kata Silaturrahim sehingga kebanyakan orang Indonesia tidak bisa membedakan antara silaturahmi dengan ziarah.

$ads={1}

Padahal hukum keduanya berbeda sebab ziarah hanya sunnah tidak sampai wajib sehingga bila putus kontak dengan kawan lama, tetangga lama, kerabat jauh dan seterusnya tidak berdosa. Beda hukumnya dengan sengaja memutus kontak dengan orang tua, saudara kandung dan mahram lainnya yang hukumnya berdosa. Dan, dalam aturan silaturahmi tidak dikenal aturan tua-muda atau gengsi-gengsian yang muda harus datang terlebih dahulu ke yang tua. Pokoknya nyambung kontak, siapa pun yang sempat silakan berkunjung duluan.

Silaturahmi atau Silaturrahim?

Menurut KBBI Silaturahmi adalah serapan kata silaturrahim (الرَّØ­ِÙ…َ) yang artinya silaturahmi/ si·la·tu·rah·mi/ n tali persahabatan (persaudaraan) / bersilaturahmi/ ber·si·la·tu·rah·mi/ v mengikat tali persahabatan (persaudaraan): mereka - ke rumah sanak saudaranya. 

Adapun kata Silaturrahim di kamus KBBI tidak ditemukan, karena sudah ada resapan katanya yaitu silaturahmi.

Secara makna dan arti sama saja, hal yang membedakan adalah yang satu bahasa arab dan yang satu bahasa Indonesia.

Oleh: Kyai Abdul Wahab Ahmad

Editor: Hendra, S/ Rumah-muslimin

Demikian Artikel " Perbedaan Silaturahmi dan Ziarah Beserta Contohnya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close