Menggunjing Dosanya Lebih Besar Daripada Zina


Menggunjing Dosanya Lebih Besar Daripada Zina

Al Ghozzali berkata : 

" Mengherankan, orang-orang yang lisannya sepanjang siang mengucapkan keburukan-keburukan orang lain dan dia tidak mengingkarinya padahal sabda Nabi bahwa ghibah dosanya lebih berat daripada zina, jadi uzlah/mengasingkan diri wajib hukumnya bagi orang yang tidak mungkin untuk mencegah lisannya dari mengobrol. Karena bersabar atas kesendirian itu lebih mudah daripada bersabar atas diam namun berkumpul dengan banyak orang. "

Dari Jabir bin Abdillah dan Abi Sa'id Al-khudri keduanya berkata : Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : “Takutlah kamu semua terhadap ghibah karena sesungguhnya ghibah itu lebih berat dosanya daripada berzina "

Rosululloh ditanya :" bagaimana bisa ghibah lebih berat dosanya daripada zina ?"
Beliau menjawab : " sesungguhnya seorang laki-laki kadang-kadang berzina kemudian bertaubat maka Allah menerima taubat nya, sedangkan orang yang menggunjing tidak diampuni dosanya sampai orang yang digunjing mau mengampuninya.”
(HR At Tabrani dalam Al-Ausath dan dalam sanadnya terdapat 'Ubad bin Katsir As-tsaqofi dan dia ini matruk. Dari : Kitab Majma' Zawaid (8/92)

Imam Al Ghozzali berkata : 
"Ghibah adalah sebuah dosa yang bisa merusak pada amalan ta'at, perumpamaan orang yang ghibah adalah seperti orang yang memasang alat pelempar kemudian dia melemparkan kebaikan-kebaikannya ketimur dan kebarat, ke kanan dan ke kiri".

Al Hasan pernah ada yang berkata kepadanya : " si fulan telah menggunjingmu "
kemudian Al Hasan mengirimkan senampan kurma kepadanya dan berkata :
" engkau telah memberikan sebagian kebaikanmu maka aku suka untuk membalasnya ."

astaghfirullah

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholi 'ala sayyidina Muhammad nabiyil umiyi wa 'alihi wa shohbihi wa salim
  
Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close