Apakah Allah Punya Lidah?


APAKAH ALLAH PUNYA LIDAH?

Tak ada satu pun ayat atau hadis sahih yang menyebutkan bahwa Allah punya lidah atau lisan. Karena itulah, maka tak ada satu pun Ahlussunnah wal Jama'ah (Asy'ariyah-Maturidiyah) yang menetapkan hal yang satu ini bagi Allah. Semua sepakat bahwa Allah ber-kalam, tapi dengan catatan tegas bahwa Kalamullah tanpa organ jisim. Mau lidah kek, mau pita suara kek, mau apapun namanya, semua mustahil bagi Allah. Ayat dan hadis hanya mengatakan sifat kalam, ya sifat itu saja yang ditetapkan lalu diam jangan menambahi apapun!. Ini prinsip Ahlussunnah.

Tetapi lain cerita bagi para Hasyawiyah yang selalu protes kalau mendengar Ahlussunnah menafikan sifat Jismiyah dari Dzat Allah. Mereka suka berimprovisasi tentang Dzat Allah dan menetapkan organ bagi Allah, bahkan organ yang tak ada ayat atau hadisnya, seperti lidah misalnya.

Syaikh Ibnu Utsaimin berkata:

لا يجوز أن نثبت لله لسان ولا أن ننفيه عنه لأنه لا علم لنا بذلك (كتاب اللقاء الشهري رقم 3، ص 47، دار الوطن ـ الرياض)
"Tak boleh menetapkan lidah bagi Allah dan TAK BOLEH MENAFIKANNYA sebab kita tak tahu soal itu". (Liqa' Syahri)

Jadi, beliau melarang menetapkannya, tapi anehnya juga melarang menafikannya. Ini berarti dia tak menganggap organ tubuh yang namanya lidah ini sebagai suatu hal yang mustahil bagi Allah.

Lalu....... semuanya kompak berkata "Kami menyifati Allah sesuai dengan Allah menyifati dirinya sendiri" dan tentu saja "Kami mengikuti Salaf". Dunia memang aneh.

Kalau logika Syaikh Utsaimin itu diterusin, bisa panjang daftar anggota tubuh yang tak boleh dinafikan dari Allah. Apakah Allah punya otak? Apakah punya otot? dan seterusnya. Semuanya harus dijawab "jangan ditetapkan tapi jangan dinafikan". Kacau bener jawaban ini sebab tak memustahilkan sifat jismiyah.

Semoga bermanfaat.

Oleh : Kiyai Abdul Wahab Ahmad

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close