Hal-hal Yang Merupakan Keistimewaan Khadijah Binti Khuwailid Ra


HAL-HAL YANG MERUPAKAN KEISITIMEWAAN KHADIJAH BINTI KHUWAILID RA

Imam Ibnu Katsir rahimakumullah, menyebutkan beberapa keistimewaan Khadijah binti Khuwailid radhiallahu’anhu, “Khadijah adalah wanita pertama yang dinikahi oleh Rasulullah, dan menurut pendapat shahih, Khadijah adalah orang pertama yang beriman kepadanya.”

Hal-hal yang merupakan keistimewaan Khadijah binti Khuwailid radhiallahu’anhu sebagai orang pertama yang mengalami dan melakukannya, antara lain:

1.Orang yang pertama shalat bersama Nabi Muhammad ï·º
2.Wanita pertama yang memberik keturunan kepada Nabi ï·º
3.Wanita pertama, diantara istri-istri Nabi ï·º yang mendapat berita dijamin masuk surga
4.Orang pertama yang menerima ucapan salam dari Allah
5.Wanita pertama yang masuk katagori shiddiq
6.Istri Nabi yang pertama kali meninggal dunia
7.Orang pertama yang kuburannya dipersiapkan oleh Rasulullah ï·º

Dan jangan lupakan ia sebagai Khadijah binti Khuwailid wanita teragung sejagat raya sekaligus istri dari manusia paling agung sepanjang zaman, Rasulullah ï·º.

Istimewanya, Khadijah adalah istri pertama Rasulullah ï·º yang juga memberikan Nabi ï·º keturunan. Dan bersama Khadijah pula Rasulullah ï·º tidak pernah menikahi wanita lain selama Khadijah masih hidup. []

Sumber: Mahmud Al-Mishri. 2010. 35 Sirah Shahabiyah (35 Sahabat Wanita Rasulullah) Jilid 1. Jakarta: Al-I’t Ishom Cahaya Umat.

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close