Biografi Ali Khali' Qasam bin Alwi bin Muhammad

BIOGRAFI ALI KHALI' QASAM BIN ALWI BIN MUHAMMAD

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Imam Ali Khali' Qasam putera dari Imam Alwi bin Muhamamd, lahir di Bait Jubair, yang merupakan suatu tempat yang diberkahi oleh Allah. Di tempat itu beliau membeli tanah yang besar seharga dua puluh ribu dinar dan diberi nama Qasam, lalu membangun rumah di situ. 

Nama ini dimaksudkan untuk mengenang nama daerah kakek moyangnya, Imam Ahmad bin Isa di Bashrah, Iraq. Selama tinggal di sana beliau sering pergi ke Tarim, dan akhirnya memutuskan untuk pindah ke kota tersebut. Imam Ali Khali' Qasam adalah orang pertama dari keluarga Bani Alawi yang tinggal bersama keluarganya di Tarim sejak tahun 521 H ( 1127 M ). Ikut bersamanya keluarga pamannya dari keluarga jadid dan keluarga bashri.

Beliau membangun masjid yang dikenal dengan nama Masjid Bani Ahmad, tetapi kemudia dikenal dengan Masjid Bani Alawi. Imam Ali bin Alwi dibesarkan di bawah asuhan langsung ayahnya, dan menjadi pemimpin kaum Alawiyyin. Beliau seseorang yang mempunyai ketajaman mata hati (Mukasyif), hafal Al-Qur'an dan menguasai berbagai cabang ilmu, sangat dermawan dan tawadhu' dalam berbicara, bertindak, bahkan dalam berpakaian. Beliau tidak suka terlihat menonjol, dan sering duduk bergaul bersama tokoh-tokoh maupun orang -orang awam.

$ads={1}

Baca Juga: Biografi Singkat Imam Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah

Imam ALi bin Alwi wafat tahun 527 H ( 1133 M ) dan dimakamkan di Pekuburan Zanbal, Tarim. Beliau orang pertama dari keluarga Alawiyin yang dikuburkan di Zanbal. Imam Ali dikarunia tiga orang anak, Abdullah, Husain (tidak mempunyai keturunan), dan Muhammad yang dikenal dengan sebutan Shahib Marbath.

Sumber : Buku Thariqah Alawiyah Tasawuf Bani Alawi yang ditulis oleh Sayyid Zen Umar Sumaith

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close