Pondok Modern Gontor Mempunyai Silsilah Dari Wali Sanga

PONDOK PESANTREN MODERN GONTOR MEMPUNYAI SILSILAH DARI WALI SANGA

Oleh : KH. Abdi Kurnia Djohan

Banyak yang tidak tahu bahwa Pondok Pesantren Moderen Gontor mempunyai silsilah dari Walisanga. Pada Desember 1998, saya diajak Gus Husnan Bey, cucu KH Zainuddin Fanani, salah satu pendiri Gontor, sowan ke ndalem Gus Dur di Warung Silah. Rombongan kami diterima di salah satu tempat istirahat Gus Dur. Gus Dur membuka pembicaraan dengan menyebut silsilah Gontor. " Kakeknya Gus Husnan ini, Kiai Imam Hasan Besari merupakan guru dari Kakek saya. Kalau dilihat dari silsilahnya, Gontor merupakan keturunan dari dua wali, Sunan Gunung Jati dan Sunan Ampel" 

Penjelasan Gus Dur itu seperti menegaskan penjelasan Gus Husnan sebelumnya kepada saya tentang silsilah Gontor. Beliau mengatakan jika dilihat dari nasab, kakek dan nenek buyut beliau merupakan pertemuan dari Sunan Gunung Jati dan Sunan Ampel. Kiai Santoso, yang merupakan ayah dari tiga pendiri Gontor, merupakan cicit dari Raden Sulaiman Djamaluddin yang merupakan keturunan ke-4 dari Sunan Gunung Jati. Sedangkan istri dari Raden Sulaiman Djamaluddin, yang merupakan cicit dari Kiai Imam Hasan Besari, mempunyai garis keturunan dari Sunan Ampel. 

Keterkaitan antara Gontor dengan Walisanga ini yang di antaranya menjadi daya tarik bagi sebagian warga Nahdliyyin untuk mengirimkan anak-anak mereka belajar di Gontor. Yang menarik, Gontor selalu berpegang pada prinsip, " tidak mengikuti satu golongan dan berada di atas semua golongan". Sehingga karena slogan itu, Gontor pernah melahirkan dua ketua umum ormas Islam besar di Indonesia, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyyah. Kiai Hasyim Muzadi, Ketua Tanfidziyyah PBNU (1999-2009) diketahui merupakan alumnus Pesantren Gontor dan Dr. Din Syamsuddin, Ketua Umum PP Muhammadiyyah (2010-2015) juga alumnus Pesantren Gontor.

Sumber : Dikutip melalui status facebook KH Abdi Kurnia Djohan

$ads={1}

Baca Juga : 

Tujuh Do'a Penenang Hati Untuk Menghilangkan Stres, Sedih, Dan Gelisah

IJAZAH KEHAMILAN

Bersabar Terhadap Gangguan Oleh Al Habib Umar bin Hafidz

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

  

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close