Bagaimana Sikap Kita Menghadapi Pembuat Karikatur Nabi Muhammad SAW

BAGAIMANA SIKAP KITA MENGHADAPI PEMBUAT KARIKATUR NABI MUHAMMAD SAW

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Jagat maya saat ini sedang dihebohkan terkait kontroversialnya pernyataan Presiden Perancis yang mendukung pembuatan karikatur Nabi Muhammad SAW dengan dalih kebebasan berpendapat di negaranya.

Namun disisi lain banyak para alim ulama di Indonesia yang turut berkomentar terkait si pembuat karikatur tersebut. 

Ada salah satu ulama yang mengatakan diakun media sosialnya bahwa " Tidak ada itu karikatur Nabi. Memangnya tahu wajah Nabi seperti apa? " dengan kesimpulan bahwa beliau mengajak agar tidak percaya dan jangan marah jika ada yang membuat karikatur Nabi Muhammad SAW, seperti pada capture dibawah ini :

Setelah statement ataupun pernyataan ini dikeluarkan, banyak para alim ulama yang menanggapi pernyataan beliau tersebut. Ada yang menganggap analoginya tidak tepat, cacat pemikiran, tidak berdasarkan/bersumber dari Hadist dan beragam komentar lainnya.

Salah satu Kyai muda Nahdlatul Ulama yaitu Kyai Abdul Wahab Ahmad pun turut memberikan tanggapannya melalui media sosial terkait screenshoot yang beredar :

Karena ada beberapa yang tanya soal ini dan saya menjawabnya berulang-ulang, maka saya jawab di sini saja sekalian.

Pernyataan di SS ini tidak pada tempatnya . Kemarahan kita pada penggambar karikatur Nabi bukan soal apakah sosok dalam gambar itu benar wajah Nabi atau bukan, tetapi karena penggambarnya mengesankan Nabi Muhammad demikian dan dia mengaku bahwa dia berniat menampilkan sosok Nabi Muhammad dalam karikaturnya. 

Kalau ini terlalu sulit dipahami, maka begini perumpamaannya: Anggaplah wajah anda ganteng seperti seorang artis. Ketika ada yang menggambar sosok bermuka keledai sambil mengatakan bahwa itu adalah anda, maka anda layak tidak terima meski gambar itu sama sekali tidak akurat menggambarkan wajah anda. 

Jadi yang dipermasalahkan bukan bentuk wajahnya, tapi tindakan pelukisnya yang berniat melecehkan dengan penggambaran tersebut. 

Begitulah tanggapan dari Kyai Abdul Wahab Ahmad melalui laman facebooknya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa tidak sedikit dari umat muslim diseluruh di dunia yang mengecam atas pernyataan yang dilontarkan oleh Emanuel Macron. banyak negara-negara muslim yang berdemonstrasi dan menyuarakan untuk memboikot produk-produk buatan perancis di negaranya salah satunya Turki.

$ads={1}

Baca Juga : 

Tujuh Do'a Penenang Hati Untuk Menghilangkan Stres, Sedih, Dan Gelisah

IJAZAH KEHAMILAN

Organisasi Internasional PBB ( Perserikatan Bangsa-Bangsa ) pun turut memberikan pernyataan penyesalan atas pernyataan yang dilontarkan oleh Emanuel Macron sehingga membuat gaduh dan dianggap tidak menghargai agama lain yang berkeyakinan di negaranya.

Presiden Joko Widodo pun turut mengecam atas pernyataan Emanuel Macron melalui laman Facebooknya, sebelumnya kedutaan perancis di Indonesia telah dipanggil lebih dahulu untuk berdiskusi terkait permasalahan tersebut, namun belum menemui jalan keluarnya oleh sebab itu pernyataan itu dikeluarkan.

Hingga saat ini perdebatan terus terjadi, belum ada titik jalan keluar dari permasalahan tersebut.

Semoga permasalahan ini cepat selesai yah sahabat rumah-muslimin.

Mari berdo'a bersama untuk kebaikan negeri ini terutama untuk perdamaian Dunia.

Sumber : Berbagai Sumber

Ditulis Oleh : Admin rumah-muslimin

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close