Dalil Menengadahkan Tangan Dan Mengusap Wajah Ketika Berdoa

DALIL MENENGADAHKAN TANGAN DAN MENGUSAP WAJAH KETIKA BERDOA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Di antara kita ketika sholat berjama’ah mungkin pernah bertemu dengan seorang imam ketika sesudah salam langsung menghadap ke ma’mum  lalu  diam  seribu  basa sambil menundukkan kepada tanpa berucap apapun bahkan berdoapun  juga tidak , setelah itu lalu meninggalkan tempat sholat begitu saja.

Baca Juga :

- Makna Rukun Iman dan Rukun Islam di dalam Al-Qur'an

Atau mungkin di antara kita mendengar atau membaca sebuah tulisan karya dari sekelompok kaum yg isinya membid’ah –bid’ahkan dan menyalah –nyalahkan orang yang ketika berdoa sambil mengangkat / menengadahkan tangannya ke atas kemudian diusapkan kewajah setelah doa selesai dipanjatkan .  

Mensikapi kondisi tersebut melalui tulisan ini saya akan mencoba untuk menyampaikan secara ringkas beberapa dalil tentang SUNAH nya berdoa sambil mengangkat / menengadahkan tangannya ke atas kemudian diusapkan kewajah setelah doa selesai dipanjatkan

$ads={1}

DALIL PERTAMA:

 عن السائب بن يزيد عن أبيه انّ النبي صل الله عليه وسلم كان إذا دعا فرفع يديه مسح وجهه بيديه

Dari As-Saib Ibn Yazid dari ayahnya : “Sesungguhnya Nabi Saw di mana ketika berdoa Beliau mengangkat kedua tangannya dan (setelah berdoa) mengusap wajahnya dengan kedua tangannya.”

(Sunan Abu Dawud 2/79, Musnad Ahmad 27/98, 29/462, Al-Mu’jam Al Kabir 22/241, Ad-Da’wah Al Kabir I/421. Derajad Hadits Shohih) 

Baca Juga 

Ciri-ciri Rasulullah SAW yang hadir dalam mimpi Alhabib Munzir Al-Musawa

 وقال ابو موسى الا شعرى: دعا النبي صل الله عليه وسلم ثم رفع يديه ورأيت بياض إبطيه

Berkata Abu Musa Al-Asy’ari: “Nabi Saw berdoa kemudian Beliau mengangkat tangannya sampai saya melihat putih ketiak Beliau.” (Shohih Bukhori 8/74, 9/76) 

DALIL KE TIGA :

 عن أنس قال: رايت رسول الله صل الله عليه وسلم يرفع يديه في الدعاء حتى يرى بياض إبطيه

Dari Anas dia berkata: “ Aku melihat Rosululloh Saw mengangkat tangannya di dalam berdo’a , sehingga terlihat putih ketiak Beliau.” (Shohih Muslim 2/612, Sunan Abu Dawud I/301. Derajad Hadits Shohih)

DALIL KE EMPAT : 

 عن سلمان الفارسي : عن النبي صل الله عليه وسلم قال: ان الله حي كريم يستحي إدا رفع الرجل إليه يديه ان يردهما صفرا خائبتين

Dari Salman Al-Farisi dari Nabi Saw bersabda: Bahwasannya Tuhanmu hidup dan pemurah. Ia malu dari hamba-Nya untuk menolak doanya kalau hamba itu berdoa dengan mengangkat kedua tangan kepada –Nya.” (Sunan Turmudzi 5/556, Sunan Ibnu Majah 2/1271, Mushonaf Ibnu Abi Syaibah 6/72, 7/122, 39/199. Derajad Hadits Shohih) 

Baca Juga :

Pengertian Muslim, Mukmin, Mukhsin, Mukhlis dan Muttaqin

Berdasarkan beberapa hadits shohih tersebut maka jelaslah bahwa mengangkat tangan ketika berdoa adalah Sunnah , tidaklah sebagaimana yang difatwakan oleh sekelompok kaum yang sudah terbiasa dengan kebiasaan buruknya membid’ah bid’ahkan dan menyalah nyalahkan amaliah Ahlus Sunnah Wal Jamaa’ah An-Nahdliyah . 

$ads={2}

Demikian paparan singkat tentang SUNAH nya berdoa sambil mengangkat / menengadahkan tangan.

Semoga ada manfaatnya . 

Oleh : Kiyai Sumarsam

Demikian artikel " Dalil Menengadahkan Tangan Dan Mengusap Wajah Ketika Berdoa "

Wallohu a’lam Bishowab

Allahuma Sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close