Jawaban Adzan Hayya 'Alal Sholah dan Hayya 'Alal Falah Yang Benar

JAWABAN ADZAN HAYYA 'ALAL SHOLAH DAN HAYYA 'ALAL FALAH YANG BENAR

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Adzan merupakan tanda memasuki waktu shalat bagi orang islam. Biasanya adzan di kumandangkan di mushola dan masjid ketika memasuk waktu shalat fardhu. 

Adzan yang dikumandangkan pun bukan hanya dapat didengar manusia, namun dapat didengarkan oleh jin serta akan menjadi saksi pada hari kiamat berdasarkan Hadits Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam di bawah ini :

“Tidaklah suara azan yang keras dari yang mengumandangkan azan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendegarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat.” (HR. Bukhari 609)

Banyak hadits-hadits yang menjelaskan perihal menjawab adzan ketika muadzin sedang mengkumandangkannya, salah satunya berdasarkan hadits Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam di bawah ini :

وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ اَلْخُدْرِيِّ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – إِذَا سَمِعْتُمْ اَلنِّدَاءَ, فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ اَلْمُؤَذِّنُ – مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila kalian mendengar azan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muazin.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 611 dan Muslim, no. 383]

$ads={1}

Salah satu cara menjawab adzan yaitu pada lafaldz Hayya 'Alal Sholah dan Hayya 'Alal Falah. dimana tulisan ini dijelaskan oleh Ustadz Dodi El Hasyimi di bawah ini :

Kesunahan-kesunahan adzan yang nomer sepuluh :

إبدال الحيعلة بالحوقلة للمجيب، وبعضهم يقول : الأفضل الجمع ببن الحيعلة والحوقلة

Mengganti "haialah" dengan "hauqolah", tapi sebagian ulama mengatakan : "Lebih afdhol adalah menggabungkan antara "haialah" dan "hauqolah".

(At-Taqriiraat As-Sadiidah halaman 232)

----------------

Jadi ketika muadzdzin membaca hayya 'alash sholah dan hayaa 'alal falah, yg mendengarkan adzan membaca "laa haula wa laa quwwata illaa billaah", tapi sebagian ulama mengatakan menjawab dengan "hayya 'alal sholah/falah" lalu digabung dengan "laa haula wa laa quwwata illaa billaah" lebih utama.

Oleh : Ustadz Dodi ElHasyimi

Semoga apa yang ditulis dan disampaikan bermanfaat untuk kita semua, serta kita dapat mengamalkannya dengan baik dan istiqomah, Aamiin Ya Rabbal 'alaamiin

Sumber : dikutip melalui laman facebook Ustadz Dodi ElHasyimi

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close