Warna-Warna Yang disukai Nabi Muhammad SAW (Hijau, Putih, Abu-abu)

WARNA-WARNA YANG DISUKAI NABI MUHAMMAD SAW (HIJAU, PUTIH, ABU-ABU)

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Diantara banyaknya warna, namun warna Hijau merupakan warna kesukaan Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam. Selain itu, warna hijau digambarkan juga sebagai warna surga. Karena pakaian para ahli surga itu berwarna hijau, berdasarkan keterangan dari Surat Al-Kahfi ayat 31, Surat Al Insan ayat 21 dan Surat Ar-rahman ayat 76 :

Surat Al-Kahfi ayat 31 :

اُولٰۤٮِٕكَ لَهُمۡ جَنّٰتُ عَدۡنٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهِمُ الۡاَنۡهٰرُ يُحَلَّوۡنَ فِيۡهَا مِنۡ اَسَاوِرَ مِنۡ ذَهَبٍ وَّ يَلۡبَسُوۡنَ ثِيَابًا خُضۡرًا مِّنۡ سُنۡدُسٍ وَّاِسۡتَبۡرَقٍ مُّتَّكِــِٕيۡنَ فِيۡهَا عَلَى الۡاَرَآٮِٕكِ‌ؕ نِعۡمَ الثَّوَابُ ؕ وَحَسُنَتۡ مُرۡتَفَقًا

Ulaaa'ika lahum Jannaatu 'Adnin tajrii min tahtihimul anhaaru yuhallawna fiihaa min asaawira min zahabinw wa yalbasuuna siyaaban khudram min sundusinw wa istabraqim muttaki'iina fiihaa 'alal araaa'ik; ni'mas sawaab; wa hasunat murtafaqoo

Artinya : Mereka itulah yang memperoleh Surga ‘Adn, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; (dalam surga itu) mereka diberi hiasan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. (Itulah) sebaik-baik pahala dan tempat istirahat yang indah.

Surat Al Insan ayat 21:

عٰلِيَهُمۡ ثِيَابُ سُنۡدُسٍ خُضۡرٌ وَّاِسۡتَبۡرَقٌ‌ وَّحُلُّوۡۤا اَسَاوِرَ مِنۡ فِضَّةٍ ‌ۚوَسَقٰٮهُمۡ رَبُّهُمۡ شَرَابًا طَهُوۡرًا

'Aaliyahum siyaabu sundusin khudrunw wa istabraq, wa hulluuu asaawira min fiddatinw wa saqoohum Rabbuhum sharaaban tahuuraa

Artinya : Mereka berpakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan memakai gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih (dan suci).

$ads={1}

Surah Ar-Rahman Ayat 76 :

مُتَّكِــِٕيۡنَ عَلٰى رَفۡرَفٍ خُضۡرٍ وَّعَبۡقَرِىٍّ حِسَانٍ‌ۚ

Muttaki'iina 'alaa rafratin khudrinw wa 'abqariyyin hisaan

Artinya : Mereka bersandar pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah.

Baca Juga :

Sunnah Sebelum Membaca "Aamiin" Di Surah Al-Fatihah Ketika Shalat Berjama'ah

Annas bin malik mengatakan bahwa " Warna yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah hijau."

Selain itu Rasulullah SAW juga menyukai warna putih. Ada juga keterangan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah memakai pakaian berwarna hitam, merah hati, abu-abu dan warna campuran sebagaimana Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya' Ulumuddin mengatakan adalah warna putih. "Warna yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah putih."

Anas bin Malik menyebut, "Warna yang paling disukai oleh Rasulullah Saw. adalah hijau".

Suatu kali Rasulullah Saw. pernah menyuruh para sahabat mengenakan pakaian warna hijau atau putih.

"Pada hari raya kami diperintah memakai pakaian berwarna hijau karena warna hijau lebih utama. Adapun warna hijau adalah afdhal daripada warna lainnya, sesudah putih".

Baca Juga :

- Makna Rukun Iman dan Rukun Islam di dalam Al-Qur'an

Dalam riwayat Ibnu Ady dari Jabir RA, Rasulullah Saw. suatu kali mengenakan serban hitam. "Rasulullah Saw. pernah berpakaian bercorak merah pada dua hari raya dan pada hari Jumat".

Imam Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. bahwa Rasulullah Saw. juga menyukai warna abu-abu. "Suatu kali Nabi Saw. keluar dengan kepala yang dibalut sehelai kain yang berwarna abu-abu".

Riwayat Imam Bukhari yang lain menyatakan, sahabat Anas ra. diceritakan pernah melihat Rasulullah Saw. menutup kepala dengan kain warna dan bercorak.

Selain itu, Kubah masjid Nabawi juga berwarna hijau. Simbol-simbol keislaman di seluruh dunia adalah berwarna hijau. Dan warna hijau merupakan warna yang sejuk dan enak dipandang dengan mata kita.

$ads={2}

Baca Juga :

Pengertian Muslim, Mukmin, Mukhsin, Mukhlis dan Muttaqin

Semoga informasi mengenai " Warna-Warna Yang disukai Nabi Muhammad SAW (Hijau, Putih, Abu-abu) " bermanfaat dan semoga kita bisa mengikuti Sunnahnya Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam dengan menggunakan warna kesukaannya.

Penulis : Hendra Setiawan

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close