Abah Guru Sekumpul: Habib Sholeh Tanggul Ibarat Syekh Abu Bakar Bin Salimnya Indonesia


ABAH GURU SEKUMPUL : HABIB SHOLEH TANGGUL IBARAT SYEK ABU BAKAR BIN SALIMNYA INDONESIA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Beliau Habib Sholeh adalah paduan lautan karomah, lautan wilayah, lautan asror, lautan anwar, lautan syariah, lautan haqiqoh dan lautan makrifah. Quthbul Ghouts, Ahluddark, Sohibul Waqt dan Fariidu Zamanihi. Kewalian beliau terang benderang seperti matahari di siang hari, disaksikan kalangan khos maupun kalangan awam. Para habaib, para ulama, solihin, pejabat, orang kaya, orang miskin, artis, rakyat jelata, yatim piatu, kaum fakir semua datang kepada beliau.

Hidupnya bertabur karomah dan akhlak yang mulia. Seluruh waktunya dihabiskan untuk berkhidmat kepada umat Rasulullah SAW. Beliau memiliki keterikatan hati yang besar kepada para salaf-leluhurnya, auliya min bani alawy. Hingga beliau pun diperhatikan secara khusus oleh mereka dari alam barzakh. Ruh mereka silih berganti mendatangi beliau baik dalam keadaan terjaga ataupun dalam tidur beliau.

$ads={1}

Baca Juga :

Karomah Sarung Pemberian Mbah Hamid Pasuruan 15 Tahun Yang Lalu

Hingga ar Ruh as Syarif Fakhrul Wujud Sohibul Karomi wal Juud Syekh Abu Bakar bin Salim menemui beliau yaqozotan meminumkan kepada beliau bahrul haqiqah/samudera hakikat hingga beliau bergelimang cahaya meraih futuuhal arifin, terbuka segala hijab hissi dan maknawi. Beliau menjadi kecintaan Rasulullah SAW mahkotanya para waliallah dan kekasih hati orang-orang soleh. Beliau lautan kedermawanan yang tak bertepi, sumber keberkahan yang tidak pernah habis, pembuka pintu rahmat Allah, pengangkat bala’/musibah umat Rasulullah, dan wasilah yang agung bagi terkabulnya hajat makhluk-makhluk Allah.

Habib Sholeh berasal dari Hadromaut. Keturunan Syekh Abu Bakar bin Salim yang kesepuluh. Marga beliau al Hamid berasal dari Habib Hamid bin Syekh Abu Bakar bin Salim. Lahir tahun 1313 H dikota Korbah, ayahnya bernama Muhsin bin Ahmad, seorang alim, abid, mukhlis dan wali yg dicintai masyarakat di daerah Wadi Amid. Ibunya seorang ahli zuhud bernama Aisyah Ba umar.

Habib Sholeh pertama kali melakukan rihlah da’wahnya ke Indonesia sekitar tahun 1921 M. Awalnya tinggal di Lumajang kemudian pindah ke daerah Tanggul, Jember Jawa timur dan menetap di sana hingga wafat. Keharuman nama beliau tersebar hingga ke seluruh belahan bumi. Manusia dari dalam maupun luar negeri berkunjung dan mendatangi beliau. Dari Amerika, Belanda, Afrika, Cina, Saudi Arabia, Singapura, Malasyia dan lain-lainnya. Mereka datang untuk mendapatkan berkah, memohon doa-doanya. dan dengan mendekati beliau berharap mendapat hujanan rahmat dari Allah SWT.

Banyak orang-orang yang datang kepada beliau telah dikasyaf oleh beliau sehingga mereka mendapatkan jawaban/pertolongan dari beliau sebelum mereka mengutarakan masalahnya. Dan tiada seorangpun bertawassul / bertawajjuh kepada beliau melainkan selalu tercapai segala hajat dan mendapatkan apa yang diinginkannya berkat tingginya maqom beliau di sisi Allah.

Para wali yang hidup sezaman dengan beliau menyaksikan tingginya kedudukan beliau. Al Quthb Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf Jeddah ketika sedang berkunjung ke Indonesia dan betemu Habib Sholeh berkata, “Sesungguhnya Habib Sholeh ini adalah seorang habib yang sangat agung kedudukannya dan amat tinggi martabatnya, beruntunglah kalian bersama dengannya. Sesungguhnya walaupun beliau berada di tengah-tengah kalian dengan jasadnya yang dzohir tapi sebenarnya beliau tidak bersama dengan kalian karena hatinya telah terikat dengan tali cinta pada Tuhannya dan telah tertambat pada pintu Arasy-Nya”.

Habib Ja’far berkata kepada Habib Sholeh, “Telah datang kepadamu sesuatu yang wahbiy (Pemberian langsung dari Allah) bukan kasbiy (Sesuatu yang dicapai dengan usaha)”

Habib Ali Bin Abdurrahman Al Habsyi Kwitang berkata bahwa beliau tidaklah berucap dan tidak berbuat sesuatu kecuali atas izin Habib Sholeh, Habib Ali memuji, “Wahai Habib Sholeh engkau adalah orang yang doanya selalu terkabul dan engkau sangat dicintai oleh Tuhanmu dan segala permohonanmu selalu dikabulkan.”

Baca Juga :

Tidak Percaya Karomah Abah Guru Sekumpul, Malamnya dimimpikan Beliau 

Habib Husain bin Hadi bin Salim al Hamid, waliyullah asal Brani, Probolinggo, suatu hari bermimpi mengunjungi Habib Sholeh. Ketika sampai di depan rumahnya beliau mendengar seperti suara Habib Sholeh dari dalam Masjid, maka beliau segera menuju ke Masjid dan ternyata Habib Sholeh berada di dalamnya dengan di dampingi oleh seseorang dengan wajah yang amat tampan dan memancarkan cahaya yang begitu sempurna.

Maka Habib Husain berkata dalam dirinya dengan penuh keyakinan bahwa orang tersebut pasti Rasulullah SAW.

Ketika Habib Husain berada di hadapan mereka maka Habib Sholeh memberi isyarat kepadanya agar menyalami orang yang di samping beliau. Ketika Habib Husain hendak menyalaminya, orang tersebut justru memberi isyarat agar Habib Husain menyalami Habib Sholeh terlebih dahulu.

Hal ini merupakan bukti yang cukup jelas akan keluhuran martabat Habib Sholeh yang telah mencapai tingkatan khalifah yang sempurna sebagai al Warits al Muhammadiy, pewaris kakek beliau yang agung Muhammad SAW.

Abah Guru Sekumpul mencintai dan memuliakan Habib Sholeh, mengambil berkat dari Habib Sholeh dan memajang foto Habib Sholeh dalam ukuran besar di ruang tamunya. Abah Guru juga gemar melantunkan qosidah karangan Habib Soleh, “Yahla baitinnabi yahlassofa wal munajah…bakhit man habbakum yadzfar bima qod tamannah…dst”.

Kata Abah Guru, “Habib Sholeh Tanggul ibarat Syekh Abu Bakar bin Salim-nya Indonesia.

Doa Habib Sholeh sangat mustajab, mendahului kilat yang menyambar. Karomah yang diberikan Allah kepada Habib Sholeh menunjukkan bahwa beliau hamba yang disayangiNya”

Habib Soleh melakukan uzlah (mengasingkan diri dari manusia) selama tiga tahun di dalam kamar kholwatnya. Selama itu pula beliau tidak menemui seorang manusia dan tidak seorang pun menemuinya.

Hingga suatu hari datanglah al Quthb al Adzim wal Ghouts al Kabir Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf menuju kediamannya dan memperkenankannya untuk keluar dari tempat kholwatnya. Lalu Habib Abu Bakar mengajaknya ke Gresik dan menyuruh beliau untuk mandi di jabiyah (kolam mandi khusus).

Kemudian atas perintah Rasulullah, Habib Abu Bakar memakaikan jubah, imamah dan sorban hijaunya kepada Habib Sholeh sebagai pertanda beliau telah mengemban maqom Quthbiyyah dan Ghoutsiyyah.

Diceritakan oleh seorang sahabat terdekat beliau semasa hidupnya Almarhum Habib Muhamad Bin Hud Assegaf, bahwa ketika manusia berduyun-duyun datang kepada Habib Sholeh, Habib Sholeh berkata kepadanya:

“Wahai anakku ketika di dalam kholwat aku merasakan ketenangan batin dimana aku banyak membaca Al-Qur’an dan kitab Dalailul Khoirot yang berisi Sholawat dan salam kepada Sayyidis Sadat shallallahu alaihi wa sallam, aku juga bertemu dengan Rasullulah yang memancarkan sinar dari wajahnya yang mulia”

Baca Juga :

Ustadz Arifin Ilham ditemui Abah Guru Sekumpul Dalam Keadaan Mimpi Dan Terjaga

Penulis: Ust. Mukhlisin

Sumber : bangkitmedia.com

Demikian artikel " Abah Guru Sekumpul: Habib Sholeh Tanggul Ibarat Syekh Abu Bakar Bin Salimnya Indonesia "

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Tonton Ceramah dari Abah Guru Sekumpul : " Baca Amalan ini 100x Akan diberi Kemuliaan Oleh Allah SWT "

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close