Al Habib Abu Bakar Assegaf Gresik Pemimpin Para Wali Di Zamannya

AL HABIB ABU BAKAR ASSEGAF GRESIK PEMIMPIN PARA WALI DI ZAMANNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf Gresik adalah sosok Wali Qutub yang luar biasa. Beliau khalwat kurang lebih 15 tahun. Haul beliau menjadi salah satu haul terbesar di Indonesia. Makamnya diziarahi para habaib sedunia. Menurut Guru Sekumpul, ada 3 orang auliya Allah yang nama dan maqomnya sama yaitu, Habib Abu Bakar bin Abdullah Alaydrus, Habib Abu Bakar bin Abdullah Al-Atthos, Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf Gresik.

Habib Abu Bakar mengisi hidupnya dengan mengajar dan membersihkan hati. Dalam majlis pengajiannya, beliau mengkhatamkan Kitab Ihya Ulumuddin sebanyak 40 kali. Sedangkan di rumahnya sendiri, beliau mengkhatamkan Kitab Ihya’ sebanyak 90 kali. Totalnya adalah 130 kali khatam. Beliau wafat pada malam Senin, tanggal 17 Dzulhijjah 1376 H. Usia beliau saat itu 91 tahun.

Baca Juga :

Ustadz Arifin Ilham ditemui Abah Guru Sekumpul Dalam Keadaan Mimpi Dan Terjaga

Keulamaan dan kewalian Habib Abu Bakar Assegaf menggetarkan langit kewalian para kekasih Allah. Pengakuan datang dari berbagai ulama dan wali di penjuru dunia.

Suatu hari, Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, penyusun kitab atau Shohibul Maulid Simthud Dhuror pernah berkata:

“Kelak akan ada seorang muridku yang memiliki kekeramatan sama denganku namanya adalah Abu Bakar Assegaf.”

$ads={1}

Akhirnya diketahui ternyata beliau adalah Sayyidina Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf, seorang Wali Quthub, asal Gresik Jawa Timur.

Dikatakan bahwa maqom (kedudukan) Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf telah mencapai tingkat Shiddiqiyah Kubro. Maqom puncak di mana tidak ada lagi maqom di atasnya kecuali kenabian. Hal itu telah diakui oleh para wali yang hidup se zaman dengan beliau.

Al-Imam Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhar pernah berkata:

“Demi fajar dan malam yang sepuluh dan yang genap dan yang ganjil. Sungguh Al-Akh Abu Bakar bin Muhammad Assegaf adalah mutiara keluarga Segaf yang terus menggelinding (maqomnya) bahkan membumbung tinggi menyusul maqom-maqom para aslafnya (leluhurnya).”

Al Habib Alwi bin Muhammad Al-Haddad berkata:

“Sesungguhnya Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf adalah seorang Quthb Al-Ghaust juga sebagai tempat turunnya pandangan (rahmat) Allah SWT.”

Al-Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi (Habib Ali Kwitang) pernah berkata di rumah Al-Habib Abu Bakar Assegaf di kala beliau membubuhkan tali ukhuwah antara beliau dengan Al-Habib Abu Bakar Assegaf, pertemuan yang diwarnai dengan derai air mata.

Habib Ali berkata kepada para hadirin ketika itu:

“Habib Abu Bakar ini adalah Raja Lebah (Rajanya para Wali di zamannya). Beliau adalah saudaraku di jalan Allah. Pandanglah beliau, karena memandang beliau adalah ibadah.”

Al-Habib Husain bin Muhammad al-Haddad juga berkata:

“Sesungguhnya Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf adalah seorang khalifah. Beliau adalah penguasa saat ini, beliau adalah Pemimpin Para Wali di masanya, beliau telah berada pada Maqom As-Syuhud yang mampu menyaksikan (mengetahui) hakekat dari segala sesuatu.”

Itulah pengakuan para ulama dan habaib di penjuru dunia. Kewalian Habib Abu Bakar Assegaf tak bisa ditutupi lagi, sudah dibuka semua wali pada jamannya. Bahkan beliau mencapai derajat Wali Qutub yang sangat tinggi.

Salah satu dawuh Habib Abu Bakar Assegaf yang bisa menjadi ilmu buat kita semua adalah sebagaimana berikut ini:

“Jika seorang wali meninggal, mereka pasti mengangkat seseorang untuk menggantikannya, mewarisi hal (keadaan)nya dan menduduki kedudukannya. Jika pengganti yang terpilih belum memiliki kemampuan itu untuk menerima hal tersebut, mereka menitipkan hal tersebut kepada salah seorang wali sebagai wakil sampai sang pengganti mampu untuk membawa sirr tersebut.”

“Kadang-kadang Allah mengujinya dengan menggerakkan lisan masyarakat yang mengganggu harga dirinya, mencela dan menyakitinya sehingga keadaannya menjadi sempurna dan menjadi mampu membawa sirr tersebut. Saat itulah mereka berikan warisannya.”

Baca Juga :

Habib Umar bin Hafidz : Sekilas Mengenai Kehidupan Imam Syafi'i

Demikian artikel " Al Habib Abu Bakar Assegaf Gresik Pemimpin Para Wali Di Zamannya "

Semoga membawa manfaat dan barokah untuk kita semua yang membacanya, Aamiin

Sumber: www.bangkitmedia.com

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close