Kemuliaan dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

KEMULIAAN DAN KEUTAMAAN MALAM LAILATUL QADAR DI BULAN RAMADHAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) K.H Misbahul Munir menjelaskan keutamaan malam Lailatul Qodar dalam video ceramah bertajuk ‘Berburu Lailatul Qadr’ yang ditayangkan oleh TV Nahdlatul Ulama, Kamis, 21 April 2021.

Menurutnya, malam Lailatul Qodar adalah waktu hebat yang dicari oleh umat Islam. Malam Lailatul Qodar merupakan salah satu keberkahan waktu yang diberikan Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW.

$ads={1}

Dalam Surah al-Qadr ayat 4, dijelaskan saat malam Lailatul Qodar, malaikat turun ke bumi untuk menyampaikan salam dan selamat kepada umat Islam yang sedang beribadah. 

“Para malaikat menyampaikan salam, salaamun hiya hattaa math la’il fajr. Selamat dan salam buat umat Nabi Muhammad Saw. Sehingga saking penuhnya bumi dengan malaikat andakan hijab kita dibuka, malaikat itu sesah memenuhi bumi karena ingin menyampakan selamat kepada umat yang sedang beribadah dan ibadahnya dihitung lebih utamanya dari 1000 bulan,” tuturnya.

Baca Juga: Makna Lailatul Qadar "Lebih Baik" Daripada 1000 Bulan Dalam Perspektif Syekh Abdullah Sirajuddin

Oleh sebab mulianya Malam Lailatul Qodar, Kiai Misbah kemudian mengajak semua jamaah untuk bersama-sama ‘mencari’-nya dengan memperbanyak ibadah di bulan Ramadan seperti shalat tarawih, perbanyak sedekah, iktikaf, perbanyak baca Al-Qur’an, dan amalan-amalan lain.

Lebih lanjut, Kiai Misbah menyampaikan bahwa tidak ada yang tahu kapan tepatnya malam Lailatul Qodar. Di dalam kitab Nashoihul Ibad diterangkan, Allah merahasiakan malam Lailatul Qodar. Hanya saja, Nabi menjelaskan bahwasannya carilah malam itu pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

“Apabila kita rajin ibadah dari hari pertama puasa sampai lebaran, insya alloh di salah satu malam itu kita berjumpa dengan malam Lailatul Qodar,” ujarnya.

Beliau menuturkan bahwasannya jika seseorang sudah beribadah dengan baik, insya alloh hidup mereka akan dipenuhi dengan keberkahan, baik di dunia ataupun akhirat.

Kontributor: Siti Nur Aliza

Editor: Fadhilla Berliannisa

Sumber : Dakwahnu.id

Demikian artikel " Kemuliaan dan Keutamaan Malam Lailatul Qodar di Bulan Ramadhan "

Semoga bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholii 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close