Kisah Syekh Yusuf AbdurRazzaq Al Syafi'i Dari Pembiasaan Ke Kebiasaan

KISAH SYEKH YUSUF ABDURRAZZAQ AL SYAFI'I DARI PEMBIASAAN KE KEBIASAAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dulu, Aku meninggalkan kamarku di ruwaq dan memilih pergi ke (Masjid) al-Azhar agar Aku bisa berdiam diri di sana di malam hari semaksimal mungkin. Masjid al-Azhar saat itu selalu terbuka pintunya baik siang maupun malam. Lampunya tak pernah padam sepanjang malam. Saat itu Aku mempelajari apa saja dan ketika rasa kantukku tak tertahankan, Aku pindah ke mihrab al-Azhar. Aku pun duduk di situ, lalu Aku tidur, sementara kitab masih di tanganku."

Beliau melanjutkan:" Aku memilih mihrab hanyalah karena agar jangan sampai Aku terlewat shalat fajr (subuh berjamaah). Imam akan datang untuk shalat fajr, lalu beliau mendapatiku tertidur. Beliau pun membangunkan Aku agar Aku berwudhu. Demikianlah kebiasaanku dan Imam bersama-sama."

$ads={1}

Kisah itu adalah kisah Syekh Yusuf AbdirRazzâq al-Syâfii yang beliau ceritakan kepada Syekh Fadhl Abbâs Hasan. 

Karomah Syekh Yusuf AbdirRazzâq adalah di saat hari ke-2 idul fitri, beliau berwudhu dan shalat dhuhur. Lalu, memperbaharui wudhu dan shalat Asar. Belum selesai shalat Asar, ruh beliau telah dipanggil kembali oleh Allah. 

Diantara kitab tahqiq beliau adalah Isyaratul Marâm min Ibârâtil Imâm, salah satu kitab terbaik Maturidiyyah riwayat dari al-Imam Abu Hanifah, namun juga disitir tentang Asya'irah, sehingga meneguhkan bahwa Asyâ-irah dan Mâturîdiyyah sebagai representasi Ahlussunnah wal Jamâ'ah. 

Rahimahullâh... 

$ads={2}

Demikian Artikel " Kisah Syekh Yusuf AbdurRazzaq Al Syafi'i Dari Pembiasaan Ke Kebiasaan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close