Mengenai Hasad, Dari Ciri-Cirinya dan Cara Mengobatinya Di Dalam Islam

MENGENAI HASAD, DARI CIRI-CIRINYA DAN CARA MENGOBATINYA DI DALAM ISLAM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Kebencian yang dipelihara, akan melahirkan sifat hasad (dengki). Penyakit ini yang tahu obatnya hanya Allah. Nabi Ya'qub alaihissalam tidak tahu bagaimana mengobati penyakit hasad. Ia hanya mengatakan kepada puteranya, Sayyidina Yusuf alaihissalam; 

 (قَالَ یَـٰبُنَیَّ لَا تَقۡصُصۡ رُءۡیَاكَ عَلَىٰۤ إِخۡوَتِكَ فَیَكِیدُوا۟ لَكَ كَیۡدًاۖ إِنَّ ٱلشَّیۡطَـٰنَ لِلۡإِنسَـٰنِ عَدُوࣱّ مُّبِینࣱ)

Dia (ayahnya) berkata, “Wahai anakku! Janganlah engkau ceritakan mimpimu kepada saudara-saudaramu, mereka akan membuat tipu daya (untuk membinasakan)mu. Sungguh, setan itu musuh yang jelas bagi manusia.”

[Surat Yusuf 5]

Sayyidina Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam hanya diajarkan bagaimana menghindari orang yang hasad, dengan membaca surat al-Falaq dan Annas setiap hari. Di dalam surat al-Falaq itu terdapat ayat:

(وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ)

dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki

[Surat Al-Falaq 5]

$ads={1}

Di antara ciri orang yang hasad adalah: 

1. Memelihara kebencian dalam jangka waktu yang lama. Dia selalu berharap orang yang dibencinya itu hancur dengan kondisi apapun. 

2. Menyebarkan kebencian itu kepada orang lain, agar orang lain mendukung kebencian yang dilakukannya; dan

3. Mewariskan kebencian itu kepada generasi selanjutnya. Sehingga kebencian itu kekal. 

4. Melupakan nikmat besar yang telah Allah berikan kepada mereka. 

Di dalam al-Qur'an, Allah menggambarkan kebencian abadi orang-orang Yahudi kepada Rasulullah Muhammad, karena nikmat yang Allah berikan kepadanya: 

(أَمۡ یَحۡسُدُونَ ٱلنَّاسَ عَلَىٰ مَاۤ ءَاتَىٰهُمُ ٱللَّهُ مِن فَضۡلِهِۦۖ فَقَدۡ ءَاتَیۡنَاۤ ءَالَ إِبۡرَ ٰ⁠هِیمَ ٱلۡكِتَـٰبَ وَٱلۡحِكۡمَةَ وَءَاتَیۡنَـٰهُم مُّلۡكًا عَظِیمࣰا)

ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) karena karunia yang telah diberikan Allah kepadanya? Sungguh, Kami telah memberikan Kitab dan Hikmah kepada keluarga Ibrahim, dan Kami telah memberikan kepada mereka kerajaan (kekuasaan) yang besar.

[Surat An-Nisa' 54]

Semoga kita dijauhkan dari sifat hasad...

$ads={2}

Oleh : KH. Abdi Kurnia Djohan | Wakil Sekretaris PWNU DKI JAKARTA

Demikian Artikel " Mengenai Hasad, Dari Ciri-Cirinya dan Cara Mengobatinya Di Dalam Islam "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close