Sikap Lunak dan Lembut Terhadap Orang Yang Menyimpang

SIKAP LUNAK DAN LEMBUT TERHADAP ORANG YANG MENYIMPANG

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Berkata as-Syekh At-Tharifi hafizhahullah, 

"...terkadang sikap lunak dan lembut tetap diperlukan terhadap orang yang menyimpang, meskipun dia tidak berhak diperlakukan lembut dan santun.

Hal itu dilakukan agar: 

- orang yang berbaik sangka kepada orang sesat tersebut, tidak antipati terhadap kebenaran karena sikap keras terhadap orang sesat tersebut; 

$ads={1}

- juga supaya orang sesat tersebut tidak memanfaatkan sikap dan ucapan kasar terhadap dirinya untuk menjatuhkan pihak yang benar, dengan menuduh bahwa mereka hanya iri dan ingin berbuat jahat kepadanya.

Karena itu, ketika ingin membantah orang yang keliru dan sesat, harus mempertimbangkan  efeknya kepada para pengikut orang sesat tersebut. Jangan hanya fokus kepada sikap angkuh dan keras kepala orang sesat tersebut, perhatikan juga bahwa diantara pengikutnya masih banyak yang jahil dan berbaik sangka kepada orang sesat tersebut"

(al-Khurosaniyah, h.28)

$ads={2}

Oleh: Ustadz Ibnu Rajab

Demikian Artikel " Sikap Lunak dan Lembut Terhadap Orang Yang Menyimpang "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close