Habib Sholih bin Ja'far As-Sulthan Selalu Berbicara dengan Bahasa Arab Fasih

HABIB SHOLIH BIN JA'FAR AS-SULTHAN SELALU BERBICARA DENGAN BAHASA ARAB FASIH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam kitab Idam Al-Qut fi Tarikh Hadlramaut (hal 580-581) terdapat keterangan bahwa Habib Sholih bin Muhammad bin Ahmad bin Ja'far As-Sulthan (w. 1303 H) tidak pernah berbicara kecuali dengan bahasa Arab yg fasih sesuai dengan kaidah arabiyah dan i'rabnya. Hal ini bukan begitu saja tanpa sebab. Dulunya, Habib Sholih saat berbicara tak memperhatikan tata bahasa Arab. Akan tetapi setelah mendapatkan "cambuk" dari putri Habib Muhammad bin Husain Al-Habsyi (Mufti Syafi'iyyah di Makkah, ayah dari Habib Ali Al-Habsyi penulis Maulid Simtud Duror), Habib Sholih seketika berubah drastis. Seperti ini kisahnya:

أنه وصل إلى بيت مفتي الشافعية بمكة السيد محمد بن حسين [الحبشي] أيام كان بالقنفذة، فسأل عنه باللغة الدارجة، فضحكت منه واستهزأت به بنته آمنة - التي تزوجها بعد السيد علوي السقاف صاحب الحاشية على «فتح المعين» - واستهزأت بكلامه، فآلى على نفسه أن يتعلم النحو وأن لا يتكلم إلا بالإعراب، ولم يحنث.

$ads={1}

Habib Sholih sampai di rumah Mufti Syafi'iyyah di Makkah, Sayyid Muhammad bin Husain Al-Habsyi. Pada saat itu beliau menetap di Qunfudzah. Dengan bahasa yang "hancur", Habib Sholih bertanya ttg ada tidaknya Sang Mufti. Putri Sang Mufti, Aminah binti Muhammad Al-Habsyi yang mendengarkannya pun tertawa dan mengejeknya karena tidak bisa berbicara dengan fasih. Habib Sholih lalu bersumpah akan belajar Nahwu dan tidak akan berbicara kecuali sesuai dengan kaidah I'rab. Habib Ahmad menjalankan sumpahnya dengan baik hingga tidak perlu membayar tebusan sumpah itu.

* Sayyidah Aminah binti Muhammad bin Husain Al-Habsyi di kemudian hari menikah dengan Sayyid Alawi bin Ahmad Assegaf, penulis kitab Tarsyih al-Mustafidin hasyiyah Fathil Mu'in. Berarti Sayyid Alawi Assegaf adalah iparnya Habib Ali al-Habsyi Shohibul Maulid.

Baca Juga :

Kisah Seorang Wahabi Bertanya Kepada Habib Umar Mengenai Ziarah Ke Makam Auliya

* Hebatnya Habib Sholih. Ketika ditertawakan dan diejek, bukannya marah tapi langsung introspeksi dan mau berbenah diri. Sifat ini yang hilang dari sebagian [besar?] abna' hadzaz zamaan. Allahul musta'an

Ditulis oleh: Nanal Ainal Fauz | 4 Juli 2021 | Dalam perjalanan Mukalla - Tarim

$ads={2}

Demikian Artikel " Habib Sholih bin Ja'far As-Sulthan Selalu Berbicara dengan Bahasa Arab Fasih "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close