Mushaf Al-Qur'an yang bagus Untuk Para Penghafal Al-Qur'an

MUSHAF AL-QUR'AN YANG BAGUS BAGI PARA PENGHAFAL AL-QUR'AN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Mushaf seperti apa yang bagus dan membantu para penghafal Al-Qur'an?

Saya sering mendapatkan pertanyaan seperti ini. Saya jawab saja sesuai pengalaman pribadi dan pengalaman selama jualan kitab. 

Kalo bagi saya pribadi, mushaf yang sangat membantu adalah Mushaf dengan spesifikasi :

1. Ayat pojok.

2. Yang khat-nya bagus, yaitu khat Utsman Thaha.

3. 15 baris. Sebab tiap menghafalkan satu halaman saya bagi jadi tiga, jadi rata² lima baris, tergantung letak akhir ayat.

4. Yang ada tafsirnya. Seperti Mushaf Tafsir Jalalain, Mushaf Tafsir Wajiz, Muhsaf Mukhtashar Tafsir Thabari, Mukhtarat I'rabiyah, dll, atau minimal ada terjemahannya. Karena dengan memahami tafsir ayat ini bisa lebih mudah diingat, sebab paham alur ayat atau ceritanya.

$ads={1}

Itu saja kalo bagi saya, cukup dengan mushaf yang simpel fiturnya. Bahkan kalo mushaf yang terlalu banyak fitur malah membuat saya terganggu. Tapi beda orang beda pengalaman. Beberapa kali saya tanya kepada customer alasan beli mushaf takror atau mushaf warna, ternyata kata mereka justru mushaf² seperti itu yang cukup membantu anaknya menghafal, dan menarik mereka karena warna²nya yang ceria. Tapi kalo yang terlalu banyak warna juga rata² kurang suka.

Wa Allah ta'ala a'lam

Oleh: Ustadz Ahmad Atho

Demikian Artikel " Mushaf Al-Qur'an yang bagus Untuk Para Penghafal Al-Qur'an "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close