Apa yang diharapkan Banyak Orang dari Seorang Ulama?

APA YANG DIHARAPKAN BANYAK ORANG DARI SEORANG ULAMA?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Apa yang diharapkan banyak orang dari seorang ulama, pelajar Islam atau siapa saja yang mengerti agama secara umum? Menurut saya, mereka tidak akan berharap dari para ahli agama atau aktivitis dakwah sesuatu yang bisa mereka dapatkan dari orang lain selain mereka. Mereka tidak akan berharap dari seorang ulama atau ustadz keahlian dan kepiawaian atau sesuatu yang bisa mereka dapatkan dari seorang dokter, pakar politik, hartawan, ahli jiwa dan sejenisnya. 

Tidak menjadi sesuatu yang mengherankan kalau orang yang paham agama tidak banyak mengerti tentang penyakit tubuh, carut-marut perpolitikan, naik turunnya pertumbuhan ekonomi dan sebagainya. Juga tidak mengherankan –bahkan sudah sangat biasa- kalau orang yang mengerti agama hidupnya miskin.

$ads={1}

Yang sangat diharapkan dan dinanti-nanti oleh masyarakat luas –dalam pandangan saya- adalah sesuatu yang para pakar berbagai disiplin ilmu lainnya gagal untuk mempersembahkannya. Yang sangat diidamkan oleh masyarakat luas adalah kesejukan dan kedamaian yang ditebarkan oleh para ahli agama di tengah-tengah mereka. Yang sangat ditunggu-tunggu oleh mereka adalah pendalaman keimanan dan pengokohan keyakinan dengan cara yang menyejukkan dan mengesankan.

Sebagian orang tidak merasa aneh ketika melihat seorang dokter gigi tapi giginya tidak bagus. Tapi mereka akan merasa sangat aneh ketika melihat seorang ahli agama namun perbuatan dan perkataannya tidak memberikan kenyamanan. Sangat aneh ketika seorang yang paham agama justeru menjadi sumber ketakutan dan kewaspadaan di tengah masyarakat. Banyak orang yang menjadi sensitif ketika berinteraksi dengan mereka. Tidak sedikit juga yang sangat berhati-hati berucap di depan mereka. Bukan karena takut salah atau dikritik, tapi takut kalau mereka dicap dengan berbagai label yang mengerikan atau bahkan diintimidasi lewat mimbar. 

$ads={2}

Semoga semua ini tidak terdapat pada tokoh-tokoh agama kita; para ulama yang mulia, para ustadz yang terhormat, para santri yang sangat diharapkan dan semua yang berintisab kepada agama ini, amin.

Oleh: Ustadz Yendri Junaidi

Demikian Artikel " Apa yang diharapkan Banyak Orang dari Seorang Ulama?"

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close