Jika Guru Menyimpang Ambil Sikap Sukut (diam) atau Furqoh (bercerai)

JIKA GURU MENYIMPANG AMBIL SIKAP SUKUT (DIAM) ATAU FURQOH (BERCERAI)

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Memiliki guru yang "nyleneh" Itu memang dilematis, mau menolak itu gurunya, mau menerima kok bertentangan dengan nurani dan syariat.. 

Maka ketika kita berada dalam kondisi seperti ini yang perlu dilakukan adalah sukut (diam) atau Furqoh (bercerai), mencari guru lainnya.. 

Makanya dalam adab Ta'lim wa muta'allim itu sebelum memutuskan untuk menjadi murid dari seorang guru kita dianjurkan istikhoroh terlebih dahulu, dan meneliti kredibelitas guru tersebut, tujuannya jelas, agar tidak terjadi furqoh di tengah jalan karena tidak sepaham dg guru atas kenylenehan guru.. 

Mondok asal mondok ternyata gurunya Tukang cangbul, mondok asal mondok ternyata gurunya kejawen, mondok asal mondok, belajar asal belajar ternyata gurunya liberal atau syingah.. 

Repot brooo.. 

Kalau semisal sudah terlanjur ya tadi, sukut atau furqoh, seperti kisah imam asy'ari dg gurunya al jubai, atau seperti imam muslim dg gurunya muhammad yahya adduhli... 

$ads={1}

Bahkan saking mangkelnya imam muslim kepada gurunya, kitab2 yg ditulis dari belajar ke gurunya dikembalikan, nyoh nyoh tak balekno ilmumu !! 

Singkat cerita, imam muslim ini berguru ke muhammad bin yahya adduhli, tp juga berguru ke imam bukhori.. 

Syaikh yahya adduhli ini profokator imam bukhori sampai imam bukhori dipersekusi dan ditinggalkan ribuan jamaahnya.. 

Imam bukhori itu satu zaman dg imam ahmad, penguasa saat itu madzhab resminya muktazilah dan memaksa ulama untuk mengatakan alquran itu makhluk.. 

Nah ketika imam bukhori diintrograsi oleh penguasa, dan imam bukhori menjawab "lafadz alquran yang keluar mulutku ini adalah makhluk" Jamaah jadi geger, geger geden, karena dengarnya jamaah itu imam bukhori bilang kalau alquran adalah makhluk, dan ditambah lagi diprofokasi oleh muhammad yahya adduhli ini, bahkan bilang "saya tidak ridho dan tidak saya akui murid  jika ada murid2ku yang ngaji ke imam bukhori !!! "

Imam muslim sedih, bahkan beliau menangisi imam bukhori ketika diusir oleh masyarakat, imam muslim bilang "engkau ini sayyid muhaddisin, rajanya ahli hadis" Mengapa bisa diusir seperti ini.. 

Karena yahya adduhli bilang begitu, imam muslim pun muwangkel, dan mengembalikan ilmu2 yg didapat dari yahya adduhli, padahal sudah ditulis imam muslim hingga unta pun nggak kuat mengangkatnya, bahkan yahya adduhli ini juga tokoh yang sangat berpengaruh besar atas kealiman imam muslim.. 

$ads={2}

Nyoh tak balekno ilmumu !! 

Tak batalno !!! Kata imam muslim karena muwangkel sama gurunya..

Oleh: Gus Tsabit Abi Fadhil

Demikian Artikel " Jika Guru Menyimpang Ambil Sikap Sukut (diam) atau Furqoh (bercerai) "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close