Manaqib KH. Uzairon Thoifur Abdillah beserta Karomahnya

MANAQIB / BIOGRAFI KH. UZAIRON THOIFUR ABDILLAH BESERTA KAROMAHNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ada cerita tentang almarhum dari ummi Fatim sebelumm beliau wafat. beliau dari kecilnya sampe akhir hayatnya adalah orang yang betul-betul baik.

Kyai di lahirkan hari senin dan wafat di hari senin juga seperti Baginda Nabi Sollallahu 'Alaihi Wa sallam. Kiyai pernah bilang "aku lahir dino senin, sok lek mati yo dino senin koyo kanjeng Nabi (saya lahir di hari senin dan nanti saya meninggal di hari senin juga seperti Baginda Nabi)"

Beliau lahir dalam keadaan makhtun (sudah di khitan) dan saat tali pusarnya dipotong, yang keluar bukan darah, tapi cairan seputih susu..

Beliau tidak pernah mau melihat wanita yang bukan mahrom sejak masih kecil.. Dulu ada namanya mbak Rohmah ikut keluarga beliau. Kyai gak tau kalo itu mbak Rohmah dikirain ummi Fatim, terus dipanggil " Tim... Fatim..." ternyata bukan ummi Fatim.. lansung beliau lari terus wudhu lagi... Beliau bilang "ojo deloki aku, marai batal wudu' ku (jangan lihat ke aku nanti batal wudhu ku)".

jadi kalau beliau tau ada perempuan lain ngelihat beliau, maka beliau langsung wudhu' lagi. Sampe sekarang pun kalo dijalan kalo bukan ummi yang duluan nyapa ga akan tau kalo itu keluarga nya, karena ga pernah beliau melihat wanita bukan mahromnya.

$ads={1}

Kiyai Muhtasor (tangan kanan kyai Mahmud Rohimahullah) waktu kiyai Uzairon masih muda dulu belajar pedang. Beliau selalu latihan pedang malam hari dalam kamar. Suatu malam beliau latihan lagi dalam kamar hingga subuh beliau belum keluar dari kamarnya, masih terdengar suara beliau main pedang. Kyai Mahmud ketok-ketok pintu kamar beliau, tak di buka-buka. Ahirnya didobrak oleh kyai Mahmud. alangkah terkejutnya Kiyai Mahmud, beliau langsung terdiam tanpa sepatah katapun. Mau tau gak siapa guru pedang kyai Uzairon thoifur?????

Beliau adalah sayyidina Ali Radhiyallahu 'Anhu.

Ummi Fatim bilang:

"dulu waktu Kyai Mahmud masih hidup, beliau pernah mimpi ketemu ibu tiri beliau yang sudah meninggal, di dalam mimpi tu ibu tiri kyai mahmud bilang " kamu itu beruntung punya anak ron (kyai uzairon)" trus Kyai Mahmud tanya "kenapa?" Kata ibu tiri beliau "anak mu itu sudah kondang disini (orang-orang yang sudah meninggal)".Padahal dulu kyai Uzairon masih kecil.

Ummi 'Aziz cerita dulu waktu beliau sedang koma (sebab suatu sakit) mimpi didatangi Kyai Mahmud Rohimahullah, Kata beliau "nanti anakku yang nyusul duluan yang ini (sambil menununjukkan foto laki-laki) tapi ga jelas siapa?"

Terus dalam mimpi itu Ummi Aziz sama Ummi Fatim bilang "aku ae pak! aku ae! (Saya aja pak!)" Trus kata Kyai Mahmud "hehhh...ojo sek...sabarrr....!"

Semalam sebelum beliau wafat, Ummi Aziz mimpi dua gigi beliau tanggal tapi langsung tumbuh lagi. Semua pada penasaran, siapa yang bakal pergi...??.Ternyata yang pergi duluan adalah Kiyai 'Uzairon. Tapi sudah ada bakal yang tumbuh untuk gantikan beliau...

Beliau dah dua kali jumpa Malaikat 'Izroil... Hampir 16 thn lalu beliau di datangi oleh Malaikat 'Izroil tapi mungkin beliau belum siap tinggalkan ummat. Intinya kata Ummi tadi, beliau dan Malaikat 'Izroil bikin janji, bahwa Malaikat 'izroil akan datang lagi untuk kedua kali untuk jemput beliau. Jadi beliau didatangi saat umroh kemarin hingga hari wafat beliau gak sampe 40hr.

Sebelum wafat..

Beliau telah tunaikan semua haq haq ummat..

Santri santri..

Tetangga..

keluarga..

istri istri..

dan anak anak...

Sebelum wafat...

beliau udah panggil anak-anak beliau satu persatu kasih pesan dan dinasehati.

Yang masih kecil kecil digendongi dan dicium cium...

Beliau bilang ke Gus Mahmud "ndang melok o ngaji aku..selak gak kebagian ngaji bareng aku (ikuti ngaji aku terus nanti ga kabagian lagi ngaji dengan aku)".

akhirnya selama Gus Mahmud kelas 5 ini beliau aktif ikut pelajaran2 Kiyai...

2 bulan terakhir, Beliau pernah bilang pada Gus Yusuf "Uud.. dulu mbah Mahmud waktu mau wafat ngomong "Ron.. kyak'e badan ku wes ga kuat.. kamu jaga pondok yg baik baik badanku udah ga kuat". saiki aku yo ngono... badan ku wes kroso ga kuat ngurus pndok (sekarang aku juga spt itu,badanku udh terasa ga kuat ngurus pondok) ''nggeh" kata Gus Yusuf.

Beliau bilang begitu udh 3x dalam waktu yang beda-beda dan Jawaban Gus Yusuf juga sama....

Tahun lalu beliau bilang pada Gus Ahmad "mad...iki bayan wabsiku yang terakhir..Tahun depan aku wes ga kasih bayan wabsi neh.." karna tahun ini beliau jarang sakit dan banyak sehat nya maka Gus Ahmad bilang "jenengan pasti tidak pergi sekarng to.buya sehat2 aja."

$ads={2}

Sampe beliau bayan wabsi kemarin Gus Ahmad juga ga ada firasat apapun.

Sebelum i'tikaf, beliau pernah bilang ke Bu Ida "ono seng arep pesta besar2an dgn ketemu Mbahyai Mahmud" Tanya Bu Ida "Siapa mbah kung?" tapi beliau ga jawab.

Sore sebelum wafat..

Kiyai ngundang 5 org ustadz, termasuk pak Salim..

buka puasa bareng beliau. Begitu adzan..beliau minum jus terus waktu mau minum air beliau bilang "ini buka puasa kecil kecilan.. selepas ini akan ada buka puasa besar besaran"

Habis minum beliau langsung tertunduk. Dikira ustadz2 beliau muroqobah seperti biasanya tapi kok lama??ga angkat angkat kepala.

Kerika dicek nadinya udah berhenti. sempat dibuat nafas buatan sampe Dokter Ainul dipanggil dan ngecek. ternyata beliau udah wafat...

INNAA LILLAHI WA INNAA ILAIHI ROOJIUN.

Karena beliau tersenyum lebar maka langsung Dokter Ainul cium wajah beliau...

Ummi berkata "kita ini santri kiyai..

Kiyai mati matian berusaha supaya kita jadi orang orang yg ngerti..

tapi apa balasan kita untuk beliau?

Kalo kita ga bisa 100% amalkan pesan pesan beliau maka paling tidak kita bagi hadiah untuk beliau supaya saat jumpa beliau nanti ada bukti cinta kita pada beliau supaya dapat digolongkan المرأ مع من احب ( seseorang itu akan dikumpulan bersama orang yang dicintainya ). Mungkin Hadiahkan 100.000 bacaan surat al ikhlas untuk beliau...

Dari: Maftuh Ahnaf

Demikian Artikel " Manaqib KH. Uzairon Thoifur Abdillah beserta Karomahnya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama