Biografi Syekh Rajab Dieb dan Karangan bukunya

BIOGRAFI SYEKH RAJAB DIEB DAN KARANGAN BUKUNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Seorang ulama yang sudah cukup sepuh tetapi masih giat keluar masuk masjid dan aktif dalam dakwah (mengajar) yang saya ketahui diantaranya adalah Syeikh Dr. Ramadan Dieb sesepuh ulama Damaskus, Suriah. Beliau termasuk guru-guru pelopor di Mujamma Syeikh Ahmad Kuftaro Damaskus Suriah manaratul ilmi wa alma’rifah, murid dekat almarhum Syeikh Ahmad Kuftaro (1912-2004). Beliau adalah kakak kandung almarhum Syeikh Rajab Dieb (1931-2016) tokoh tarikat Naqsyabandi, faqih dan alim sufi kenamaan Suriah yang sering berkunjung ke Indonesia (insya Allah kita tengok biografinya dalam kesempatan lain).

Syeikh Ramadhan Dieb lahir di daerah al-Ammaarah, Damaskus pada tahun 1920, itu berarti usia beliau saat ini 101 tahun. (walaupun usianya lebih dari seratus tahun belum tentu yang baca postingan ini menang kalo adu panco sama beliau yang masih tampak kekar (masya Allah).

Orangnya sangat bersahaja, murah senyum terkadang canda, pelajarannya mengasyikan, selalu memberikan semangat kepada siapa saja untuk kesuksesan hidup duniawi dan ukhrawi. Pribadi beliau benar-benar menjadi motivator.

$ads={1}

Syeikh Ramadhan Dieb mengenal dan bermulazamah dengan almarhum Syeikh Ahmad Kuftaro sejak usia 17 tahun dan mendapat gemblengan pelajaran tazkiah nafs (tashawuf) dari Syeikh Kuftaro, dan ilmu-ilmu syariah (agama). Kemudian beliau berkiprah di ladang dakwah sejak beliau bermulazamah dengan Syeikh Ahmad Kuftaro -Allah yarhamuhu-

Syeikh Ramadhan memperolah Ijazah, S1 dalam kajian Islam dan Bahasa Arab dari Kuliah Dakwah cabang Damaskus pada tahun  1986, saat usianya 66 tahun! kemudian ia memperoleh gelar S3 (doctoral) juga dalam bidang kajian Islam. Semangat meraih gelar atau cita-cita tidak pernah pupus dan tak kenal usia.

Diantara buku-buku buah karya beliau yaitu:

1. Risalah al-Irfan fi Tajwid al-Qur’an, 2. Al-Risalah al-Wadhihah fi Ahkaam al-Udhiyah, al-Shihat al-Insaniyah fi Zilli Thabiah al-Rabaniyah, 3. Alf Hadits min Kalam Khayril Bariyah. Juga kerjasama dengan isteri beliau sejumlah kitab seperti : 1. al-Fiqih al-Syaiiq (4 juz) 2. al-Hayat al-Nuroniyah fi al-Usyr al-Zawjiah, 3. Duror albahiyah fi af’aaal Khayril Bariyah, 4. Muhadarah fi Thalak dan kitab-kitab lainnya.

Murid-murid beliau banyak sekali di dalam negeri (Suriah) dan termasuk juga di luar negeri khususnya di Indonesia, daratan Eropa dan Afrika. 

Semoga Allah Ta’ala senantiasa memberikan kekuatan, sehat afiat dan umur panjang kepada Syeikh Ramadhan Dieb, seorang alim yang amil, amil yang alim,  yang masih hidup sampai sekarang. (DAT, 26 06 2021)

Oleh: Ustadz Amiruddin Thamrin

Demikian Artikel " Biografi Syekh Rajab Dieb dan Karangan bukunya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close