Sekilas Mengenal Kitab Riyadh Al-Shalihin Karya Imam Nawawi

SEKILAS MENGENAL KITAB RIYADH AL-SHALIHIN KARYA IMAM NAWAWI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Kitab yang paling terkenal di antara kitab-kitab karya Imam Nawawi khususnya di dunia Islam adalah kitab Riyadh al-Shalihin Min Kalam Sayid al-Mursalin. Sekiranya Imam Nawawi tidak ada karya lain selain kitab ini, sudah cukup baginya dengan keberkahan karyanya yang fenomenal ini berada di setiap masjid, mushalla, pustaka, sekolah, pesantren dan  rumah-rumah muslim di seluruh penjuru dunia.

Imam Nawawi menegaskan dalam pembukaan kitab Riyadh al-shalihin bahwa kitab tersebut ditulis sebagai perangsang untuk selalu berakhlak mulia, penggemblengan jiwa, perbersihan hati dari segala yang kotor dan penjagaan anggota badan dari perbuatan tercela.

Dalam penulisan kitab Riyadh As-Shalihin ini, Imam Nawawi sangat selektif dalam memilih hadits-hadits Rasul SAW dalam kitabnya itu.

$ads={1}

Kitab Riyadh Al-Shalihin terdiri dari sejumlah pokok pembahasan/bab.  Pada tiap bab atau pokok bahasan Imam Nawawi memulai dengan sejumlah ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits yang ada kaitannya dengan bab.

Ada banyak kitab yang memberikan penjelasan terhadap kitab Riyadh Al-Shalihin di antara yang terkenal seperti:

- Dalil al-Falihin liturq Riyadh al-Shalihin karya al-Allamah Muhamad bin Ali Ibn Muhammad Allan al-Shiddiqi al-Syafi’i (wafat 1057 H), dalam 4 (empat) jilid

-Syarah Riyadh al-Shalihin karya Syeikh Abdul Majid Hasyim Al-Husaeini;

- Syarah Riyadhul Shalihin karya Syeikh Muhammad Ali al-Shabuni;

-Syarah Riyadh Al- Shalihin karya Syeikh Muhammad bin Shaleh al-Utsaimin;

- Nuzhatul Muttaqin syarah Riyadh alShalihin karya sejumlah ulama Ust.  Dr. Musthafa al-Bugha, Ust. Dr. Musthafa al-Khin dan Ust. Dr. Muhyididn Mistu,Ust. Ali Syurbaji dan Ust. Muhamad Amin Luthfi,

-Bahjat alNazirin syrah Riyadus Shalihin karya Syiekh Salim bin Abdul Hilali Abu Usamah, dan masih banyak lagi syarah lainnya.

Almarhum Ust. Dr. Muhammad Said Ramadhan al-Bouti memberikan penjelasan kitab Riyadh as-Shalihin sekali dalam seminggu dalam pengajian mingguannya di masjid Sanjaqdar kemudian di masjid yang leibh luas, Masjid Tinggis dan kemudian dimasjid yan glebih luas lagi Masjid Al-Iman, dimulai sejak tahun 1986 selesai pada tahun 2007, lebih dari duapuluh tahun!.

$ads={2}

Dulu saya pernah berandai-andai penjelasan kitab Riyadhus Shalihin ini nantinya akan dibukukan oleh Syeikh alBouti -rahimahuLlohu- seperti penjelasan Hikam Atha’iyah yang akhirnya dibuat buku oleh almarhum. 

Setahu saya kitab ini telah lama diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sejak lebih kurang 50 tahun lalu oleh Ust. Salim Bahreisy. Bahkan diantara syarahnya, kitab Nuzhatul Muttaqin syarah Riyadhus Sahlihin karya asatizatina (Dr. Mushtafa Bugha Dr. Mushtafa al-Khin, Dr. Muhyiddin Mistu, Ust. Ali Syurbaji dan Ust. Muhammad Amin Luthfi) pernah saya temukan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. (DAT, 21 03 2021)

Oleh: Ustadz Amiruddin Thamrin

Demikian Artikel " Sekilas Mengenal Kitab Riyadh Al-Shalihin Karya Imam Nawawi "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close