Kisah Imam Ghazali Tertegun Mendengar Nasehat dari Perampok

KISAH IMAM GHAZALI TERTEGUN MENDENGAR NASEHAT DARI PERAMPOK

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ambillah Kata-kata hikmah walau keluar dari mulut siapa saja, selagi Kata-kata itu hikmah bermanfaat, ambil saja. Imam Al-Ghozali saja pernah mendapat Kata-kata hikmah dari seorang perompak.

Seluruh usia muda Imam Ghozali dihabiskan dengan menuntut ilmu dari beberapa orang tokoh ulama yang terkenal pada zamannya. Segala buku dan ilmu catatan yang dipelajarinya selama ini disimpan dengan baik-baik dalam satu tas. 

Saatnya untuk pulang ke kampung halaman sudah tiba dengan membawa sekalian tas yang berisi catatan-catatannya. Dalam perjalanan pulang, kafilahnya telah diserang oleh perompak. Setiap bungkusan, karung dan juga tas pun diperiksa. 

Tiba giliran Imam Ghozali, lalu beliau berkata, "Kamu boleh ambil apa saja yang kamu mau, tetapi jangan ambil tas ini." 

$ads={1}

Para perompak menyangka ada sesuatu yang berharga di dalamnya lalu merampas tas tersebut dan membongkarnya. Apa yang mereka dapati hanyalah helaian kertas yang tidak berharga dan merasa diri mereka telah ditipu. 

"Apakah ini dikatakan barang berharga bagimu, apa yang akan kamu lakukan dengan kertas buruk ini..?" tanya ketua perompak.

"Ini adalah hasil aku belajar bertahun-tahun selama ini, semua catatan ini aku ambil dari guruku. Jika kamu rampas Buku-buku itu, maka hilanglah ilmu yang aku pelajari selama ini." Jawab Imam Ghozali. 

"Jika begitu kamu adalah orang yang paling bodoh, catatan yang kamu tulis itu bukanlah ilmu jika kamu tidak memahami, mengingati serta menghafalnya". Kata ketua perompak

Baca Juga: Habib Umar bin Hafidz : Sekilas Mengenai Kehidupan Imam Syafi'i

"Bayangkan sekiranya aku merampas buku-buku ini, bagaimana keadaanmu..? Ini berarti ilmumu dapat dicuri." Balas ketua perompak.

Imam Ghozali tertegun mendengarkan hujah yang bijaksana dari seorang ketua perompak. Mulai dari saat itulah Imam Ghozali menghafal kembali segala Ilmu-ilmunya dan dimasukkan ke dalam ingatannya. Selepas ini tiada siapa lagi yang bisa mencuri ilmunya. 

Oleh: Al Habib Ali Zaenal Abidin Al-Hamid - Malaysia

اللهم صلي على سيدنا محمد نور الأنوار الحقية • وعلى آله وصحبه وأغفر لنا وأرحمنا وأهدنا وأنصرنا وأختم لنا بالإيمان

Demikian Artikel " Kisah Imam Ghazali Tertegun Mendengar Nasehat dari Perampok "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close