Kisah Malaikat Jibril Membelah Dada Nabi Muhammad SAW

KISAH MALAIKAT JIBRIL MEMBELAH DADA NABI MUHAMMAD SAW

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dibedah dadanya oleh malaikat itu sebanyak empat kali.

Pertama, saat beliau masih balita, saat masih diasuh oleh Halimatus Sa'diyyah. Dada beliau dibedah, hati beliau dikeluarkan, lalu ada segumpal darah yang dibuang, yaitu 'hazzhus syaithan' (bagian setan).

Kedua, saat beliau usia sepuluh tahun. Hikmahnya adalah sebab usia ini mendekati usia baligh atau taklif, maka dada beliau pun dibedah dan disucikan dari apapun yang tidak baik jika disandang oleh seorang tokoh. 

Baca Juga: Budak Di Zaman Nabi Ibrahim As Dan Nabi Muhammad SAW

Ketiga, saat Jibril alaihissalam datang dengan wahyu pertamanya, atau saat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di-nubuwat-kan. Dada beliau dibedah dan hati beliau dibersihkan lagi dan diberi tambahan kekuatan, agar mampu menanggung beratnya Wahyu Ilahi yang hendak beliau terima. 

Keempat, saat beliau akan di-Isra' Mi'raj-kan. Beliau dibedah lagi dadanya dan ditambahkan lagi kekuatan hatinya, sebab beliau akan menghadap Allah ta'ala secara langsung, maka beliau butuh kekuatan yang jauh lebih besar daripada sebelumnya. 

$ads={1}

Semua pembedahan dada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam itu real, benar² dada beliau dibedah. Bahkan Anas radhiyallahu 'anhu, sahabat sekaligus pelayan beliau, mengaku pernah melihat bekas jahitan pembedahan itu di dada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Jadi tidak perlu ditakwil², bahwa peristiwa itu hanyalah perlambang atau secara maknawi saja, atau takwilan lainnya. Dan Imam As Suyuthi rahimahullah mengatakan bahwa orang yang tidak percaya peristiwa tersebut lalu menakwilinya hanyalah orang² bodoh, benar² bodoh, mereka tidak mendapatkan taufiq dari Allah ta'ala untuk mengimaninya, sebab mereka terhijab oleh akal dan sains yang mereka imani. 

Terjemah bebas dari kitab Muhammad Insan Kamil, Abuya Sayyid Muhammad Al Maliki. 

Sumber: Ahmad Atho

Demikian Artikel " Kisah Malaikat Jibril Membelah Dada Nabi Muhammad SAW "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close