Manfaat Konsumsi Makanan Halal dalam Islam

MANFAAT KONSUMSI MAKANAN HALAL DALAM ISLAM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Manfaat mengonsumsi barang halal seperti dawuh Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Ghozali

من أكل الحلال أربعين يوما نور الله قلبه، وأجرى ينابيع الحكمة من قلبه على لسانه

"Siapa yang terbiasa makan makanan halal minimal 40 hari, maka Gusti Allah menyinari hatinya dan mengalirkan pancaran hikmah keluar dari hatinya menuju lisannya"

Hal ini masuk akal. Mengusahakan barang halal itu ibarat menanam pohon kopi arabika yang rawan virus. Maka harus belajar, mengamati, berpikir, waspada dan bekerja sekeras yang dia mampu mulai tanam, panen hingga proses pasca panen. Lengah dikit, hasil kopi jadi buruk, over fermented bahkan kena virus. Dari pergulatan itu, lama-lama dia jadi pakar kopi arabika.

$ads={1}

Mau ngolah kopi asal jadi kopi sih bisa. Tapi ya gitu, kualitas kopi kita gak akan tembus ke pasar yang elit, apalagi ke luar negeri. Paling banter buat nyete. Kita pun dipandang sebelah mata oleh bangsa lain. Harga jual pun rendah di pasar internasional karena kita gak punya power, akibatnya dipermainkan terus oleh pasar.

Begitu juga orang yang mengusahakan barang halal, pasti banyak belajar, berpikir, beramal, waspada sekeras yang dia bisa. Dari akumulasi pergulatan tersebut, banyak ilmu yang didapat sehingga banyak hikmah yang dia peroleh.

Kalo mau hidup asal hidup, gak ngurus halal haram pun bisa. Tapi ya gitu, hidup kita gak akan bernilai. Ibadah kita pun gak akan tembus ke hadirat Gusti Allah. Sia-sia saja orang ibadah tapi tidak memperhatikan halal haram.

Baca Juga: Makanan Yang Kita Makan Akan Berpengaruh Dalam Tubuh Kita

Ini negatifnya mengonsumsi barang haram seperti dawuh Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Ghozali

من اشترى ثوبا بعشرة دراهم، وفي ثمنه درهم حرام، لم يقبل اللع صلاته نا دام عليه منه شيء

"Siapa yang membeli pakaian seharga 10 dirham, sementara 1/8 dari uangnya itu hasil pekerjaan haram, maka tidak akan diterima sholatnya oleh Gusti Allah selama dia bergelimang barang haram yang sedikit tersebut"

Ini menggambarkan bahwa selama ada sedikit saja ada bagian haram di tubuh kita, entah makanan atau pakaian, dari barang haram, maka ibadah kita tidak akan diterima Gusti Allah. Karena Gusti Allah itu Maha Agung, hanya menerima yang paling baik.

Mugi manfaat.

Oleh: Fahmi Ali N H

Demikian Artikel " Manfaat Konsumsi Makanan Halal dalam Islam "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close