2 Mazhab yang mencari Ridha Allah SWT

2 MAZHAB YANG MENCARI RIDHA ALLAH SWT

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Umumnya, ada dua madzhab dalam mencari ridho Gusti Allah :

Pertama, madzhabnya Imam Hasan Al Bashri yang dawuh

يابن آدم، ترك الخطيئة أيسر من طلب التوبة

"Hai anak adam, meninggalkan keburukan itu lebih mudah daripada mencari taubat (lewat ibadah)"

Kedua, madzhabnya Imam Sahal At Tustary yang dawuh

ليس كل عمل بطاعة الله صار حبيب الله، ولكن من اجتنب ما نهى الله عنه صار حبيب الله، ولا يجتنب الآثام إلا صديق مقرب، وأما أعمال البر فيعملها البر والفاجر

"Tidak semua amal yg didasari kepatuhan kepada Gusti Allah itu otomatis membuat pelakunya jadi kekasih Gusti Allah, tapi yang membuat orang jadi kekasih Gusti Allah adalah perilaku seseorang dalam menjauhi apapun yg dilarang dan dibenci oleh Gusti Allah. Karena selain orang yg punya pemahaman yg benar, tidak akan mau menjauhi larangan-Nya. Sedangkan kalo motivasi beramal cuma karena kepatuhan, orang religius hingga orang brengsek pun bisa melakukan kepatuhan"

$ads={1}

Dua madzhab ini sekilas bertentangan. Madzhab pertama mengutamakan ibadah daripada meninggalkan larangan. Yang kedua lebih mengutamakan meninggalkan larangan daripada ibadah.

Tapi aslinya sama saja. Karena kedua madzhab tersebut ingin mengatakan bahwa ridho Gusti Allah itu hanya bisa ditempuh dengan ilmu.

Mau mengutamakan ibadah, maka perlu ilmu bagaimana syarat rukunnya, bagaimana menghiasi ibadah, apa yang jadi tujuan utama ibadah, dan lain-lain semua harus diketahui. Sehingga ibadah tidak cuma jungkat-jungkit fisiknya saja.

Mau mengutamakan meninggalkan larangan pun perlu ilmu. Apa saja larangan Gusti Allah, bagaimana menghindarinya, bagaimana mengobatinya, bagaimana jika terlanjur maksiat, dan lain-lain, semua butuh ilmu juga. Sehingga saat meninggalkan larangan tidak dihinggapi waswas.

Dan kalo boleh jujur, kalo kita fokus ibadah tapi masih suka nggosip itu ya sia-sia. Meninggalkan larangan tapi gak sungguh-sungguh beribadah itu artinya palsu.

Baca Juga: Imam Mazhab tidak Menyembunyikan Keilmiahan dan Kenetralan dalam Berfatwa

Jadi madzhab yang pas untuk meraih ridho Gusti Allah, menurut saya, ya ikut madzhabnya Khalifah Umar bin Abdul Aziz yang dawuh

ألا إن أفضل العبادة أداء الفرائض واجتناب المحرم

"Ingat ya! pualing utamanya ibadah adalah melaksanakan kewajiban dan menjauhi hal haram"

Jadi kalo mau jadi wali yang diridhoi Gusti Allah ya melakukan kewajiban dan menjauhi larangan Gusti Allah berdasarkan ilmu.

Mugi manfaat

Oleh: Fahmi Ali N H

Demikian Artikel " 2 Mazhab yang mencari Ridha Allah SWT "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close