Obat Tanpa Efek Samping menurut Imam Ghozali

OBAT TANPA EFEK SAMPING MENURUT IMAM GHOZALI

RUMAH-MUSLIIMIN.COM - Obat tanpa efek samping menurut Imam Ghozali adalah tidak menjulurkan tangannya pada makanan kecuali kalau dia sudah lapar. Dan seyogyanya seseorang itu mengangkat tangannya dari makanan sebelum kenyang. 

Dalam ungkapan lain, makan ketika benar-benar lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Dan Imam Ghozali menjamin, siapa saja yang melakukan hal demikian, maka dia tidak butuh dokter lagi.

Merujuk pada kitab Madaarijus Shu’ud karya Syaikh Nawawi Al Bantani, kitab Syarah Maulid Barzanji karya Syaikh Ja’far al Barzanjiy, diceritakan kisah mengenai Kisra (Raja) Persia yang ingin mendapat obat tanpa efek samping. Sang Raja pun mengumpulkan empat orang ahli farmasi yang berasal dari empat negeri berbeda, yakni Irak, India, Roma dan Sudan.

Ketika diberikan kesempatan untuk mengutarakan argumen dari masing-masing ahli, ahli farmasi dari Irak mengutarakan bahwa obat tanpa efek samping adalah minum air hangat dengan tiga teguk tiap harinya. Ahli farmasi dari Roma berpendapat bahwa yang tepat adalah mengonsumsi biji rasyad (sejenis sayuran). Sedangkan ahli farmasi dari India menyarankan untuk makan tiga biji ihlilaj (sejenis gandum) yang berwarna hitam.

$ads={1}

Ketika sampai pada giliran ahli farmasi dari Sudan, dia terdiam. Tapi Sang raja setia menunggu jawaban si ahli farmasi dari Sudan itu. Tiba-tiba, ahli dari Sudan tersebut menjawab,

يا مولانا، الماء المسخن يذيب لحم الكلى و يرخى المعدة. و حب الرشاد يهيج الصفراء والإهليلج يهيج الصفراء

“Wahai Tuanku, air yang hangat itu dapat menghancurkan dinding ginjal dan menurunkan performa lambung. Dan biji rasyad dapat mengeringkan shafra’ (empedu), begitu juga biji ihlilaj, dapat mengeringkan shafra' "

Kemudian ahli farmasi dari Sudan kembali melanjutkan

الدواء الذي لا داء معه أن لا تأكل إلا بعد جوع، فإن أكلت فارفع يدك قبل الشبع، فإنك لا تشكو علة إلا الموت

“Obat yang tidak disertai dengan efek samping adalah tidak makan kecuali setelah merasa lapar, dan apabila telah makan, angkatlah tangan anda sebelum kenyang, apabila anda melakukannya, anda tidak akan menderita (sakit) kecuali sebab kematian”

Baca Juga: Obat dan Racun pada Sayap Lalat

Dengan kata lain, obat tanpa efek samping adalah makan setelah lapar dan berhenti sebelum kenyang. Jika makan saat sudah lapar, tandanya tubuh benar-benar butuh asupan, makanan pun terserap maksmal dan tidak ada yang tertimbun, kita pun akan makan apapun yang tersaji, sehingga gampang ridho. Jika berhenti sebelum kenyang, artinya kita meringankan kerja tubuh, tidak menimbun makanan dalam tubuh dan rasa kenyang yang menyenangkan, tidak menggerutu kekenyangan.

Maka tidak heran ada ungkapan "Lauk makanan terbaik adalah lapar".

Mugi manfaat

Oleh: Fahmi Ali N H

Demikian Artikel " Obat Tanpa Efek Samping menurut Imam Ghozali "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close