Zaman Dahulu, Ulama Rujukan dalam Berfatwa Mesti Alim dan Sholeh

Foto: Muallim Syafii hazami & Gurunya Habib Ali Bungur

ZAMAN DAHULU, ULAMA RUJUKAN DALAM BERFATWA MESTI ALIM DAN SHOLEH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dahulu, masyarakat betawi khususnya, mereka tidaklah menjadikan Ulama sebagai rujukan dalam fatwa dan hukum kecuali ulama itu 'Alim dan Soleh, semisal Sayyidil Walid Habib Abdurrahman bin Ahmad as-Seggaf & Muallim Syafii hadzami, dll. 

mengapa harus ada sifat soleh? karena sekiranya ia berbuat salah ia di-ingatkan kesalahannya didalam mimpi oleh para Waliya dan orang sholeh yang telah berpulang, bahkan bisa-bisa sampai ditegur oleh Rasulullah SAW. 

dikisahkan oleh salah seorang guru kami, bahwa ada seorang ulama yang memiliki kebiasaan merekok, kemudian suatu hari ia bermimpi seorang wali kutub dizamannya. wali kutub itu berkata, "Ya Fulan, Orang soleh gak ada yang merokok". 

$ads={1}

Begitupun apa yang terjadi pada Syaikh Abdul Wahhab as-Sya'rani sebagaimana penuturan beliau dalam kitabnya, bahwa suatu hari beliau pernah menanyakan perihal bacaan sujud sahwi kepada Rasulullah SAW (dalam keadaan mimpi/terjaga) tentang bacaan yang diajarkan ulama yaitu "Subhana Man La Yanamu Wala Yashu". Rasulullah SAW menjawab, "Hasan/baik".

bahkan yang lebih hebat lagi ada ulama yang apabila ingin menanyakan suatu perihal keshahihan atau kebenaran hadits, merkea bertawajjuh kepada Allah dan malam itu juga berjumpa dengan Rasulullah SAW didalam mimpinya, serta menanyakan perihal masalah yang ditanyakan orang padanya. beliau adalah syaikh yasin al-Fadani (menurut penuturan Prof. Dr. Said Aqil Munawwar)

inilah keadaan ulama-ulama yang menjadi rujukan ummat, bukan yang hanya sekedar 'alim *(katanya), yang fatwanya, ilmunya selalu membuat resah umat. 

Maka benarlah firmanNya : 

اتبعوا من لا يسألكم أجرا وهم مهتدون

ikutilah orang yang tidak meminta upah (zuhud & ikhlas) sedangkan mereka mendapatkan petunjuk (tertuntun)

Semoga kita terus berada dijalan ulama yang lurus

Baca Juga: Fenomena Umat Muslim Memprotes Fatwa Ulama

Pendosa yang mengharap ampunan

Ahmad Alfarisi

Oleh: Ahmad Al Farisi

Demikian Artikel " Zaman Dahulu, Ulama Rujukan dalam Berfatwa Mesti Alim dan Sholeh "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close