Tawassul Harus Didahului Amal

TAWASSUL HARUS DIDAHULUI AMAL

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Jadi ijma' ulama ahlu sunnah wal jamaah bahwa tawasul dengan dzat itu boleh. Terutama bertawasul lewat Kanjeng Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallama. Misal kita berdoa "Wahai Nabi, aku bertawasul padamu demi hajatku".

Namun yang mungkin banyak kita lupa, ada hadits saat seorang sahabat yang memohon dirinya bisa bersama Kanjeng Nabi di akhirat, Kanjeng Nabi Muhammad memberi syarat

فأعني على نفسك بكثرة السجود

"Maka bantulah aku memenuhi hajatmu itu dengan memperbanyak sujudmu"

Syarat ini diadakan karena Gusti Allah telah dawuh

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

"Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya" (An Najm 39)

$ads={1}

Banyak sujud memang bukan faktor utama seseorang itu bisa terpenuhi hajat. Tapi kalo dia udah banyak sujud, trus bikin proposal syafaat lewat tawasul dan diajukan lewat Kanjeng Nabi, ini akan berpeluang lebih besar di-ACC Gusti Allah. Paling nggak, sujud kita bikin Kanjeng Nabi lebih mudah mempromosikan kita di hadapan Gusti Allah. Peluang terkabulnya hajatnya pun lebih besar.

Kalo udah gak pernah sujud, ngandelin tawasul buat minta hajat terpenuhi, wah berat, boskuh. Emang siapanya malaikat kamu itu?

Ibarat punya ijazah sarjana, trus mau ngelamar kerja jalur nepotisme, masih pantes dan realistislah. Mosok udah gak punya ijazah, trus hubungi saudara biar bisa masuk staff kantornya, ya beratlah masszzeh.

Artinya, jika pingin tawasul kita bisa berbuah doa yang maqbul, harus disertai komitmen beramal sholeh secara fisik. Melaksanakan kewajiban, mengusahakan kesunnahan semampunya, mencintai kebaikan, bersihkan hati pikiran, meninggalkan larangan dan istiqomah. Baru deh tawasul lewat Kanjeng Nabi dan orang-orang sholeh jadi senjata terakhir.

Baca Juga: Rangkuman Diskusi Perkara Tawassul Antara Aswaja vs Wahabi

Ngandelin syafaat lewat tawasul doang, itu namanya tamanni atau tulul amal (suka angen-angen doang). Hal haram di dunia persuwukan. Jadinya ya kayak jomblo Aceh yang ngandelin foto peluk pohon buat nikahin Dek Raline. Berat masszzehh.

Mugi manfaat

Oleh: Fahmi Ali N H

Demikian Artikel " Tawassul Harus Didahului Amal "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close