Belajar di Yaman Sambil Bekerja

BELAJAR DI YAMAN SAMBIL BEKERJA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Banyak yang tanya seputar belajar diyaman,tanya ini dan itu ya macem-macem lah,bertanya seputar belajar talaqqiy diyaman,keadaan yaman,tempat belajar diyaman sampai bertanya tentang masalah bagaimana cara agar bisa menikahi akhwat yaman.

Namun dari sekian pertanyaan yang ada,saya tertarik untuk menjawab pertanyaan yang menurut saya bagus,bunyi pertanyaannya :

Saya sudah menikah dan masih punya semangat belajar yang tinggi namun ada kendala masalah ekonomi,apakah bisa belajar sambil kerja diyaman ?

Jawabannya : 

Bisa,dan sangat bisa,banyak mahasiswa yang belajar sistem talaqqiy diyaman nyambil kerja,kerja macam-macam sesuai dengan hobbi serta skill masing-masing,dan hasil kerja/usaha itu bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga selama diyaman,cukup tanpa harus mengemis,namun dari sekian banyak job dan pekerjaan yang ada ada benerapa pekerjaan yang sangat menjanjikan hasilnya,yang fulusnya banyak,diantaranya :

1. URUT SEHAT,BEKAM DAN AKUPUNTUR :  Yaman termasuk negara yang minim fasilitas kesehatan,rumah sakit yang ada tidak memadai dan sering mengecewakan pasien,belum lagi masalah dokter yang kadang asal-asalan mengobati pasien,bahasa kitanya "Dhoruriy ibroh" (ini harus disuntik) kadang ada yg sakit kaki atau sakit perut itu di infus,makanya mereka lbh suka untuk berobat ke orang indonesia,selain bagus dan hasilnya sering lebih baik dan memuaskan.

Pengalaman saya pernah buka praktek bekam dan urut selama 1 tahunan,lumayan bisa mengumpulkan pundi-pundi emas dan dollar.

Masyarakat yaman sangat suka dengan pengobatan herbal,urut,bekam dan akunpur,mereka rela bayar berapa saja untuk dapatkan pengobatan itu.

$ads={1}

2. BENGKEL OTOMOTIF : untuk memperbaiki motor,jika memang bengkel kita diakui dan terpercaya maka bengkel itu akan jadi rujukan,kita mungkin kerja di awal-awal,nanti selanjutnya dibimbing beberapa pemuda yaman untuk bisa otomotif dgn syarat bekerja di bengkel kita,lalu mereka yang kerja cuannya masuk ke kita,nanti jika ada kerusakan motor yang rumit baru kita handle

3. JUALAN OFFLINE/ONLINE : Kaedahnya : kita hanya usaha dan tekun menawarkan barang dagangan,adapun masalah pembeli itu urusan Allah biar Allah yang ngatur dan yang ngarahkan.

Kalau sasarannya adalah mahasiswa indonesia diyaman ya banyak yang bisa dijual,diantaranya :

-Jualan sate

-Jualan bakso

-Jualan tempe

-Jualan  teri sambel

-Mie ayam

-Jualan jus jelly

-Jualan nasi bungkus lauk ayam goreng

-Jualan sarapan pagi lontong pecel 

Baca Juga: Mengenal Kota Seiwun, Hadramaut-Yaman

Intinya apa saja yang menjadi makanan pavorite di indo sangat laris dijual disini soalnya makanan seperti bakso,sate dll itu jarang dijual diyaman,begitu iklan di group mahasiswa maka langsung ludes,terutama yang jomblo itu biasanya pelanggan setia,karena belum ada yang masakin.

Kalau sasarannya orang yang diindo biasanya bisa jualan abaya,jualan madu yaman,jualan surban yaman,halawa yaman dll,masya Allah peminatnya juga sangat banyak.

Dan masih banyak lagi usaha yang bisa kita lakukan,kayak ngajar private bahasa arab,bahasa inggris dll.

Untuk point pertama dan ketiga sudah pernah pernah saya jalani hasilnya memuaskan,intinya jika ditekuni hasilnya luar biasa,bisa beli apa saja yang kita butuhkan bahkan ada lebih bisa untuk bantu mereka yang susah,bisa tour kemana-kemana,Alhamdulillah.

Tapi kalau kerja takutnya capek ! malah susah belajar nantinya !!

Ya kalau begitu jangan kerja,itu mah konsekuensi,harus pandai ngatur waktu dan fisik,bisa kerja sore  paginya belajar,atau pagi kerja sore dan malam belajar,alhamdulillah kajian sistem talaqqiy disore dan malam banyak kita dapatkan dinegri yaman.

Baca Juga: Tarim Tempat Mencari Ketenangan Bukan Kesenangan

Jika azam sudah kuat maka insya Allah akan dibukakan jalannya,ilmu yang kita dapatkan dari hasil kerja keras insya allah akan jauh lebih nikmat rasanya,nanti ketika kita tua banyak yang bisa kita ceritakan ke anak cucu kita.

AYO SEMANGAT YA TEMEN-TEMEN,JANGAN PERNAH PUTUS ASA DALAM MENGEJAR ASA,TERUS SEMANGAT UNTUK MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BAIK,ANDA JUGA PUNYA KESEMPATAN MENJADI ORANG HEBAT YANG BERGUNA BAGI ISLAM DAN KAUM MUSLIMIN,ALLAHU AKBAR

========

Oleh: Faruq Sinambela

Demikian Artikel " Belajar di Yaman Sambil Bekerja "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close