Catatan Maulana Syekh Yusri Rusydi Gabr tentang Sirah Sayyidah Fatimah

CATATAN MAULANA SYEKH YUSRI RUSYDI GABR TENTANG SIRAH SAYYIDAH FATIMAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam at-tsughûr al-Bâsimah Imam As-Suyuti menulis:

عن المِسورِ بنَ مخرمةَ قال سمعَت رسولَ اللَّهِ صلَّى اللَّه عليه وسلم يقولُ وهو على المنبرِ إِنَّ بَنِي هِشَامِ بْنِ الْمُغِيرَةِ اسْتَأْذَنُونِي فِي أَنَّ يُنْكِحُوا ابْنَتَهُمْ عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ، فَلَا آذَنُ، ثُمَّ لَا آذَنُ إِلَّا أَنْ يُرِيدَ ابْنُ أَبِي طَالِبٍ أَنْ يُطَلِّقَ ابْنَتِي، وَيَنْكِح ابْنَتَهُمْ، إِنِّي لَسْتُ أُحَرِّمُ حَلاَلاً وَلاَ أُحِلُّ حَرَاماً، وَلَكِنْ واللهِ لاَ تَجْتَمِعُ بِنْتُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبِنْتُ عَدُو اللهِ أَبَداً

وفي رواية: فَإِنَّ فَاطِمَة بَضْعَةٌ مِنِّي، يُرِيبُنِي مَا أَرَابَهَا، وَيُؤْذِينِي مَا آذَاهَا

Dari Al-Miswar bin Makhramah, berkata: “Saya mendengar Rasulullah berpidato di atas mimbar: ‘Sungguh Bani Hisyam bin Al-Mughirah meminta izin kepadaku untuk menikahkan putri mereka dengan Ali bin Abi Thalib, maka aku tidak mengizinkan, kemudian aku tidak mengizinkan, kemudian aku tidak mengizinkan, kecuali jika Ali bin Abi Thalib ingin mentalak anakku dan menikahi putri mereka. Sungguh aku tidak bermaksud mengharamkan yang halal dan menghalalkan yang haram. Tetapi demi Allah, tidak akan berkumpul (dalam satu tempat) putri rasul Allah dengan putri musuh Allah selamanya’”. 

Dalam riwayat lain: “Sungguh Fatimah itu darah dagingku. Barangsiapa yang membuatnya khawatir maka ia telah membuatku khawatir dan barangsiapa yang menyakitinya maka ia telah menyakitiku.” 

$ads={1}

Maulana Syekh Yusri berkomentar:

kalimat (بَضْعَةٌ مِنِّي) menunjukkan nasab yang berasal dari jalur ibu sama kuat dengan nasab yang berasal dari jalur bapak. Tidak seperti anggapan sebagian orang yang berpendapat nasab dari ibu itu lemah. Artinya, siapapun yang nasabnya sampai Rasulullah lewat jalur ibu berarti ia termasuk as-Syarif. Siapapun yang nasabnya sampai Rasulullah lewat jalur bapak, ia termasuk as-Syarif. Dan siapapun yang nasabnya sampai Rasulullah lewat jalur ibu dan bapak, ia termasuk orang-orang yang bernasab tinggi.

Oleh: Fazal Himam

Demikian Artikel " Catatan Maulana Syekh Yusri Rusydi Gabr tentang Sirah Sayyidah Fatimah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close