Benarkah Imam Abu Al-Hasan Al-Asy'ari Tidak Punya Sanad Hadis?

BENARKAH IMAM ABU AL-HASAN AL-ASY'ARI TIDAK PUNYA SANAD HADIS?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Jalan pintas menimbang kepakaran dan kepiawaian seorang Ulama, bisa di lihat dengan menampilkan daftar gurunya, dan tokoh tokoh sentral yang menjadi murid dan pengikut setianya

Imam Abul Hasan Asy'ari. Beliau termasuk si genius yang memiliki guru guru bergengsi papan atas dan berhasil mengantongi segudang pengikut setia dari lintas afiliasi.

Ironisnya. Aku melihat sebagian kalangan menggiring opini tidak sehat. Memojok mojokkan imam Asy'ari, seolah olah ia hanya spesialis di bidang filsafat, sebatas menggeluti ilmu Kalam, tak lebih dari itu.

Parahnya. Mereka  memantik api dusta, dengan cuitan, sanad ilmu imam Asy'ari hanya mentok bermuara lewat gembong mutazilah, yaitu abu Ali Al-jubai (303 H). Seolah-olah mereka ingin berkata, bahwa asy'ariyyah adalah mutazilah dalam kemasan baru.

Baca Juga: Perbedaan Taubat Imam Abu Hasan Al Asy'ari dan Imam Ibnu Taimiyah

Memang, Al-jubai memang mantan guru imam Asy'ari, seorang mu'tazili tulen. Namun jangan terkecoh. Guru imam Asy'ari di bidang tafsir, hadist dan fiqih juga banyak.

Contoh, di bidang hadits. Guru imam Asy'ari yang paling terkenal adalah imam Alhafizh Zakaria bin Yahya Assaji ( 307 H).

Alhafiz azzahabi memuji muji imam Zakaria bin Yahya Assaji. Beliau berkata : Assaji adalah Imam, Stabat, Alhafizh, muhaddist Basrah, guru dan sekaligus Muftinya. Assaji termasuk ulama hadist ternama. Abul Hasan Asy'ari mengambil ilmu darinya. Terutama bahasan aqidah sifat di kalangan salaf dan Mazhab ahli hadist.

$ads={1}

الامام الثبت الحافظ محدث البصرة وشيخها ومفتيها . كان من ائمة الحديث اخذ عنه ابو الحسن الاشعرى مقالة السلف فى الصفات واعتمد عليها ابو الحسن فى عدة تأليف

سير إعلام النبلاء للحافظ الذهبى 14/197_198 

سمع منه الاشعرى واخذ عنه مذهب اهل الحديث

تاريخ الاسلام للحافظ الذهبى 23/210

Sebenarnya masih ada yang lain. Tapi dengan aku sebutkan nama assaji. Cukuplah merontokkan mulut kotor yang menyudutkan imam Asy'ari, dengan ocehan gak punya sanad hadist.

Oleh: Mhizqil Iqozhimamb

Demikian Artikel " Benarkah Imam Abu Al-Hasan Al-Asy'ari Tidak Punya Sanad Hadis? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close