Mazhab Akidah Paling Moderat

MAZHAB AKIDAH PALING MODERAT

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Tipikal moderat sebuah mazhab akan lahir ke permukaan ketika percaturan sebuah idiologi kian simpang siur tak terkendali. Biasanya, sosok moderat itu muncul menjadi penengah di tengah bara api perselisihan idiologi yang kian membara.

Tokoh moderat yang aku maksud pada ketikan mungil ini adalah imam Abul Hasan Asy'ari. Pembentukan aqidah asy'ariyyah tak lepas dari para pendahu imam Asy'ari. Berupaya menempuh jalan tengah sebuah manhaj.

Dalam hal ini. Syaikh Ahmad Mahmud Subhi berkata, mungkin imam Asy'ari terkagum kagum dengan imam Syafi'i. Ia sukses, berhasil memadukan jalur tengah antara ahli hadist dan ahli ro'yi.

Ahli ro'yi seperti abu Hanifah yang mungkin lebih banyak menyelami juziyyat dan tafasil sebuah kasus ketimbang memperhatikan qowaid dan usul. Terkadang meragukan validalitas sebuah hadis lalu lebih banyak beradu nasib dengan ro'yi dan qiyas.

$ads={1}

Sedangkan ahli hadist seperti Malik bin Anas. Mungkin berlebihan memainkan peran masolih mursalah. Terkadang lebih perhatian terhadap hadist sehingga mengenyampingkan ro'yi.

Lalu datanglah imam Syafi'i, membangun Mazhab baru, sebagai buah hasil perpaduan antara 2 Mazhab raksasa tersebut.

Baca Juga: Kenapa Aqidah Aswaja ada Mazhab Asy'ariyah, Maturidiyah dan Ahlul Hadits?

Imam Asy'ari juga serupa, persis layaknya imam Syafi'i. Bedanya ia bertarung di Medan aqidah. Ketika terjadi pergolakan sengit antara kubu yang memalaikatkan Akal yaitu mutazilah dengan kubu yang hanya terikat dengan Nash, lalu memojokkan akal yaitu hanabilah. Saat saat kritis tersebut lahirlah Imam Abul Hasan Asy'ari.

وربما اعجب الاشعرى بما قام به الامام الشافعى في التوسط بين اهل الحديث واهل الرأي فقد قصر ابو حنيفة نظره على الجزئيات والتفاصيل أكثر من مراعات القواعد والاصول وعمل بالرأي والقياس حين كان يشك فى خبر الرسول اما مالك فربما افرط في مراعات المالح المرسلة واهتم بالحديث معرضا عن الرأي فجاء الشافعى ليجمع بين القواعد والفروع فكان مذهبه اقصد المذاهب

وكان الاشعرى يعى أنه ينتظره دور مماثل فى الاصول فى الصراع الدائر بين غلو المعتزلة فى العقل ووقوف الحنابلة عند النقل

في علم الكلام الشيخ احمد محمود صبحى 2/25,53

الامام ابو الحسن الاشعرى امام اهل السنة و الجماعة باعتناء وتصدير الشيخ احمد طيب 2/111 

Agaknya tidak berlebihan jika ada yang berkata bahwa manhaj aqidah Asy'ari adalah thoriqoh paling moderat dalam beraqidah Islam, dari dahulu sampai sekarang.

Oleh: Mhizqil Iqozhimamb

Demikian Artikel " Mazhab Akidah Paling Moderat "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close