Pentingnya Metodologi dalam Memahami Dalil

PENTINGNYA METODOLOGI DALAM MEMAHAMI DALIL

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Mazhab Ahli Sunnah Asya'iroh Maturidiyah selalu mengatakan bahwa Allah tidak serupa dengan Makhluqnya berlandaskan ayat ليس كمثله شيء  yang maknanya adalah Allah tidak mempunyai kesamaan sama sekali dengan Makhluqnya dalam segi apapun.

Akan tetapi kita melihat sebagian dari Mujassimah mengatakan bahwa Ayat tersebut hanya menafikan kesamaan anatara Allah & Makhluqnya secara sempurna atau yang lebih dikenal dengan مماثلة حقيقية  yang maknanya bahwa zat Allah tidak terdiri dari Daging & darah seperti manusia pada umumnya walaupun masih sebagai jism.

$ads={1}  

Kita lihat bahwa ayat yang dipakai sama saja akan tetapi masalahnya adalah bagaimana cara memahami ayatnya atau yang kita kenal dengan mazhab Aqidah sebagai methodologi memahami  Nushus dari Quran & Sunnah. Niatnya Mujassimah juga baik seperti Ahli Sunnah yaitu sama-sama ingin mensucikan Allah dari kekurangan & ketidaklayakan.

Maka ada tiga perkara: Nushus, Niat & Metodologi ( Mazhab). berbeda dalam methodologi walaupun sama dalam Nushus & Niat tidak menjadikan sebuah mazhab itu benar dalam Aqidah. maka seorang Mujassimah (Wahabi) walaupun Niatnya Baik & memakai Quran Sunnah tetap saja mereka dianggap sebagai Ahli Bid'ah.

Baca juga: Syekh Albani Mengkritik Ibnu Taimiyyah dan Ibnu Qayyim Perkara Akidah

Karena jika cuma niatnya baik & pakai Quran Sunnah kemudian  kita masukan dalam Ahli Sunnah maka Muktazilah, Khowarij, Syi'ah niat mereka juga baik & memakai Quran Sunnah juga maka merekapun juga Ahli Sunnah!!! akan tetapi ini tidak benar maka hanya persamaan dalam Dalil & Maqsud (Niat) tidak menjadikan anda sama dalam Mazhab mesti juga ditambah sama dalam satu hal lagi yaitu dalam Methodologi memahami Dalil.

Oleh: Habib Ali Baqir al-Saqqaf

Demikian Artikel " Pentingnya Metodologi dalam Memahami Dalil "

Semoga lirik ini bermanfaat untuk sahabat MR yang ingin membawakan Qasidah ini

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close