10 Keutamaan Memohon Ampun Kepada Allah SWT

10 KEUTAMAAN MEMOHON AMPUN KEPADA ALLAH SWT

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Meminta ampun kepada Allah Swt adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memohon kepada Allah Swt agar dosa-dosa atau kesalahan yang telah dilakukan dapat diampuni. Meminta ampun kepada Allah Swt merupakan salah satu cara yang dianjurkan dalam agama Islam untuk memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Dalam al-Qur'an, Allah Swt menyatakan bahwa Dia maha pengampun dan sangat suka memberikan ampunan kepada orang yang meminta ampun kepada-Nya. Allah Swt. berfirman:

فَتَلَقّٰٓى اٰدَمُ مِنْ رَّبِّهٖ كَلِمٰتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۗ اِنَّهٗ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

" Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, lalu Dia pun menerima tobatnya. Sungguh, Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang. " (QS. Al-Baqarah: 37).

Oleh karena itu meminta ampun kepada Allah Swt merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim. Bahkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam saja setiap harinya beristigfar (meminta ampun) kepada Allah sebanyak 70 kali setiap hari.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 

“Sesungguhnya saya meminta ampun kepada Allah dan taubah kepadaNya setiap hari 70 kali.” (HR Tabrani). Dalam hadits lain dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW meminta ampun setiap hari 100 kali (HR Muslim).

$ads={1}

Sekelas Rasul Shallallahu 'alaihi wa sallam saja meminta ampun, bagaimana dengan kita manusia yang penuh dengan dosa dan kesalahan?

Meminta ampun kepada Allah Swt juga merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Untuk meminta ampun kepada Allah Swt kita bisa melakukannya dengan berbagai cara seperti beristighfar, bersedekah, shalat, dan membaca doa-doa yang dianjurkan. Selain itu, kita juga harus bertaubat dengan sungguh-sungguh (nasuha) dan berusaha memperbaiki diri agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dengan demikian, kita dapat merasakan keberkahan dan rahmat Allah Swt dalam hidup kita.

Baca juga: Mengenang Rasulullah Sebagai Sosok Pemaaf

10 Keutamaan Memohon Ampun Kepada Allah SWT

Berikut ini adalah 10 keutamaan meminta ampun kepada Allah Swt.:

1. Menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat

Allah Swt. maha pengampun dan sangat suka memberikan ampunan kepada orang yang meminta ampun.

2. Mendapatkan rahmat dan kasih sayang Allah Swt

Meminta ampun kepada Allah Swt merupakan salah satu cara untuk mendapatkan rahmat dan kasih sayang-Nya.

3. Menambah keberkahan hidup

Orang yang sering meminta ampun kepada Allah Swt. akan merasakan keberkahan dalam hidupnya. Allah Swt akan memberikan keberkahan kepada orang yang meminta ampun kepada-Nya.

4. Meningkatkan keimanan

Meminta ampun kepada Allah Swt merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keimanan kita. Kita akan merasa lebih dekat dengan Allah Swt dan lebih percaya kepada-Nya

5. Menghindari siksa di akhirat

Orang yang sering meminta ampun kepada Allah Swt akan terhindar dari siksa di akhirat. Allah Swt akan memberikan keberkahan dan kelapangan kepada orang yang meminta ampun kepada-Nya

6. Memperbaiki hubungan dengan Allah Swt

Meminta ampun kepada Allah Swt merupakan salah satu cara untuk memperbaiki hubungan kita dengan-Nya. Kita akan merasa lebih dekat dan lebih hampir dengan Allah Swt.

7. Dapat memperbaiki hubungan dengan sesama manusia

Meminta ampun kepada Allah Swt juga dapat memperbaiki hubungan kita dengan sesama manusia. Kita akan merasa lebih bertanggung jawab terhadap perbuatan-perbuatan kita dan lebih berhati-hati dalam bertindak.

$ads={2}

8. Dapat memperbaiki kepribadian

Meminta ampun kepada Allah Swt dapat membantu kita dalam memperbaiki kepribadian kita. Kita akan merasa lebih bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri dan lebih memahami akan betapa pentingnya meminta ampun kepada Allah Swt dalam meningkatkan kepribadian kita. Meminta ampun kepada Allah Swt dapat membantu kita untuk lebih bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan lebih memahami akan betapa pentingnya tidak mengulangi kesalahan yang sama. Meminta ampun kepada Allah Swt juga dapat membantu kita dalam menjadi pribadi yang lebih sabar, bertanggung jawab, dan takut kepada Allah Swt.

9. Dapat Menjadi Obat Penyakit Hati

Meminta ampun kepada Allah Swt merupakan salah satu cara untuk menyembuhkan hati yang sakit. Kita akan merasa lebih lega dan bahagia setelah meminta ampun kepada Allah Swt.

10. Memberikan keberanian

Meminta ampun kepada Allah Swt dapat memberikan keberanian kepada kita untuk menghadapi masalah-masalah yang ada dalam hidup kita. Kita akan merasa lebih kuat dan lebih percaya diri setelah meminta ampun kepada Allah Swt.

Semoga keutamaan-keutamaan di atas dapat menambah motivasi kita untuk selalu meminta ampun kepada Allah Swt.

Demikian Artikel " 10 Keutamaan Memohon Ampun Kepada Allah SWT "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close