Arti Manzilah Bainal Manzilatain Menurut Muktazilah

ARTI MANZILAH BAINAL MANZILATAIN MENURUT MUKTAZILAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Muktazilah adalah salah satu kelompok pertama yang menantang hegemoni pemahaman Ahli Sunnah dalam islam dengan cara mereka membuat Qowa'id-Qowaid Aqidah yang dengannya ditakwil beberapa Nushus Syari'ah secara konsisten yang mana Qowa'id-Qowai'id tersebut berhadap-hadapan dengan Ushul Ahli Sunnah Sebagai dasar pemahaman Nushus Syari'ah terutama dalam bidang Aqidah.

Antara Ushul Muktazilah yang paling viral adalah al-Manzilah bainal Manzilatain (Padahal Qoi'dah ini paling lemah diantara 4 Qoidah yang dijadikan Ushul oleh Mazhab Muktazilah) yang bisa diartikan " Sebuah kedudukan diantara 2 kedudukan" akan tetapi banyak yang memahami Qoidah ini dari penuntut ilmu zaman sekarang sebagai Ashabul A'rof atau orang-orang yang akan ada berada di al-A'rof yaitu tempat antara surga & neraka karena seimbangnya Pahala & dosa mereka padahal Ashabul A'rafof ini akan masuk surga karena Rahmat Allah atau Syafa'at akan tetapi bukan itu yang dimaksud oleh al-Muktazilah dalam Qoidah mereka al-Manzilah bain al-Manzilatain.

$ads={1}

Apa yang al-Muktazilah inginkan dengan Qoidah tersebut adalah: Seseorang ketika didunia berbuat dosa besar kemudian dia wafat sebelum bertaubat maka dia akan diperlakukan seperti orang Muslim di dunia akan tetapi di Akhirat dia akan kekal dineraka seperti orang kafir cuma azabnya sebagai orang Mukmin Fasik bukan sebagai orang kafir karena Azab itu sendiri Maqulun A'la Tasyakuk ( berlevel-level).

Berbeda dengan Khowarij yang mengatakan bahwa orang semacam itu kafir yang akan kekal dineraka diazab sebagai orang kafir & didunia dianggap sudah keluar dari Agama islam.

Adapun menurut Ahli Sunnah dia tidak akan kekal dineraka & akan diazab sebagai al-Mukmin Fasiq serta didunia diperlakukan sebagai seorang Muslim karena Ahli Sunnah meyakini bahwa tidak bisa keluar dari Islam hanya karena melakukan dosa besar & tidak kekal dineraka kecuali seorang Kafir.

Kelompok terakhir yaitu al-Murji'ah mengatakan bahwa selama anda Muslim & Mukmin Dosa apapun akan diampuni oleh Allah walaupun tidak bertaubat inilah makna perkataan mereka لا يضر مع الإيمان معصية.

Baca juga: Mengenal Aliran Mujassimah dari Pengertian, Ciri-cirinya dan Perspektif Para Ulama

Secara umum kelompok-kelompok dalam islam memperlakukan orang Muslim yang melakukan dosa besar dengan 4 cara.

cara Muktazilah, Khowarij, Ahli Sunnah & murji'ah.

Keterangan Foto: Screen Shoot dari kitab Tuhfatul Murid Hasyah A'la Nazom Jauharot Tauhid. karangan al-Imam al-Bajuri.

Wallahu a'lam 

Oleh: Al Habib Ali Baqir al-Saqqaf., Lc. M.A., Ph.d

Demikian Artikel " Arti Manzilah Bainal Manzilatain Menurut Muktazilah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close