Ilmu Agama Warisan Nabi Yang Diberikan Kepada Orang Mulia

ILMU AGAMA WARISAN NABI YANG DIBERIKAN KEPADA ORANG MULIA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ilmu adalah warisan para Nabi. Sekali lagi warisan para Nabi. Siapa yang tak tergiur oleh warisan para kekasih Allah Swt? Namun, tidak sembarang orang bisa meraihnya. Warisan orang-orang mulya akan diberikan kepada orang-orang yang mulya pula. Yakni mereka yang hatinya jernih dan terhindar dari keruhnya duniawi, sehingga mereka menjadi hamba yang dicintai oleh Allah Swt. 

Karena jerihnya hati, Allah meneteskan cinta yang mendalam akan ilmu ke dalam hati mereka, merekapun terlena akan keindahannya hingga rela mendedikasikan seluruh tenaga dan pikiran untuk menyelami luasnya samudra pengetahuan.

ان الدنيا يعطيها الله من يحب ومن لا يحب، ولا يعطي العلم إلا من يحبه من الأبرار (المنهج السوي ١١۰) ومثله في(نشر طي التعريف ٩٨) [الفوائد المختارة ص ١٢]

"Sesungguhnya dunia diberikan oleh Allah kepada semua orang baik yang dicintai maupun yang tidak, sedangkan ilmu hanya diberikan kepada orang-orang yang dicintai oleh Allah."

Para ulama kita berhasil menorehkan sejarah emas yang mampu membangkitkan semangat untuk menjajaki dalamnya sumur pengetahuan bagi mereka yang mau menggunakan akalnya untuk berfikir. Sedemikian cintanya terhadap ilmu hingga membuat mereka berpaling dari dunia, bahkan dari paras jelita para gadis-gadis pingitan.

Dicerikan ketika putra Syaikh Abu Yusuf meninggal dunia, beliau masih tetep memilih ngaji dengan Imam Abu Hanifah, sehingga perawatan jenazah diserahkan kepada para tetangga dan kerabatnya. Hal ini beliau lakukan karena tidak ingin satu ilmupun terlewatkan yang dapat membuatnya merasa rugi. (1)

Al-Imam Isham bin Yusuf Al-Balkhi, ketika mendengar ilmu kog beliau tidak bawa pena, beliau bergegas untuk membelinya walaupun dengan harga yang cukup mahal. Berapapun harga tidak beliau hiraukan asalkan bisa mencatat pengetahuan yang beliau dengar. (2)

As-Syaikh Ubaid bin Ya'isy setiap malam selalu menulis hadits. Hal ini beliau jalani hingga 30 tahun lamanya. Bahkan ketika makan pun beliau disuapi oleh saudara perempuannya sembari  tetap menggerakan jemarinya untuk menulis hadits. (3)

Baca juga: Ilmu Agama Islam Selalu Berkembang Dan Tidak Statis

Dan masih banyak lagi kisah tentang kecintaan dan perjuangan para ulama kita yang begitu luar biasa terhadap ilmu. Al-Imam Al-Hasan Al-Bashri saking cintanya terhadap ilmu, beliau memberikan gambaran keindahan ilmu dengan mengatakan,

لوكان للعلم صورة لكانت صورته أحسن من صورة الشمس والقمر والنجوم والسماء [ الفوائد المختارة ص ١٢ ]

"Jikalau ilmu itu mempunyai bentuk, niscaya keindahan bentuknya jauh lebih indah dibanding matahari, bulan, bintang dan juga langit."

$ads={1}

Ilmu adalah pondasi utama yang harus diperkokoh bagi setiap insan. Ia mampu memberikan solusi bagi beragam problem kehidupan. Kedudukannya yang begitu istimewa menjadikan power bagi para pemiliknya, dan mereka akan selalu hidup meskipun jasad telah redup ditelan bumi.

(1) روى محمد بن قدامة، قال: سمعت شجاع بن مخلد، قال: سمعت أبا يوسف يقول: مات ابن لي، فلم أحضر جهازه ولا دفنه، وتركته على جيراني وأقربائي، مخافة أن يفوتني من أبي حنيفة شيء لا تذهب حسرته عني

[عبد الفتاح أبو غدة ,قيمة الزمن عند العلماء ,ص ٣١]

(2) عصام البلخي اشترى قلما بدينار ليكتب ما سمعه فوراً

ثم قال العلامة طاشكبري زاده : واشترى عصام بن يوسف  البلخي الفقيه الحنفي ومحدث بلخ، المتوفي سنة 215 رحمه الله تعالى - قلما بدينار ليكتب ما سمع في الحال. فالعمر قصير، والعلم كثير، فينبغي للطالب أن لا يضيع الأوقات والساعات، ويغتنم الليالي والخلوات، ويغتنم الشيوخ ويستفيد منهم، فليس كل ما فات يدرك!.

[عبد الفتاح أبو غدة ,قيمة الزمن عند العلماء ,ص ٣١]

(3) قال عمار بن رجاء: سمعت عبيد بن يعيش يقول: أقمت ثلاثين سنة ما أكلت بيدي بالليل، كانت أختي تلقمني وأنا أكتب الحديث

[عبد الفتاح أبو غدة ,قيمة الزمن عند العلماء ,ص ٣٢]

Totox Widye

Bojonegoro, 06 Desember 2022.

Oleh: Totox Widye | Kajian Fikih Fathul Qarib

Demikian Artikel " Ilmu Agama Warisan Nabi Yang Diberikan Kepada Orang Mulia "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close