Ayat Istiwa' Termasuk Ayat Mutasyabihat

AYAT ISTIWA' TERMASUK AYAT MUTASYABIHAT

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Didalam Al Qur’an terdapat ayat muhkamat dan ayat mutayabihat. Ayat muhkamat adalah ayat yang mudah diketahui maksudnya karena memiliki satu maksud dan pemahaman. Adapun ayat mutasyabihat adalah ayat yang tidak diketahui maksudnya karena memiliki banyak maksud dan pemahaman. Contoh ayat mutasyabihat adalah ayat Istiwa’:

الرحمن على العرش استوى

“Yang Maha Rahman ber-Istiwa’ atas Arsy”

Ayat Istiwa’ menurut mayoritas ulama ahlussunnah adalah termasuk ayat mutasyabihat. Lihat screenshot kitab-kitab dalam postingan. 

Ayat mutasyabihat tidak diketahui takwilnya kecuali oleh Allah seperti yang dijelaskan didalam ayat: 

وما يعلم تأويله إلا الله

“Tidak ada yang tahu takwilnya kecuali Allah”

Wahabi memahami bahwa takwil yang dimaksud dalam ayat itu adalah tafsir, sehingga tafsir ayat mutasyabihat tidak diketahui kecuali oleh Allah. 

$ads={1}

Jika ayat Istiwa’ termasuk ayat mutasyabihat, kenapa Wahabi mengaku tahu tafsirnya? Nah, inilah persoalan yang muncul di kalangan Wahabi.

Sehingga saat ini mulai bermunculan beberapa orang Wahabi yang tidak mengakui ayat Istiwa’ sebagai ayat mutasyabihat, kenapa?

1. Al Qur’an menyebut bahwa ayat mutasyabihat tidak diketahui tafsirnya kecuali oleh Allah. 

2. Mayoritas ulama  ahlussunnah menyatakan bahwa ayat Istiwa’ adalah ayat mutasyabihat, sehingga ayat Istiwa’ tidak diketahui tafsirnya kecuali oleh Allah. 

3. Wahabi mengaku sangat mengetahui tafsir ayat Istiwa’, bahkan ayat Istiwa’ ini adalah ayat paling banyak dibahas di kajian Wahabi. 

Berarti, selama ayat Istiwa’ dimasukkan dalam kelompok ayat mutasyabihat, maka selama itu pula Wahabi bertentangan dengan ayat Al Qur’an sekaligus keluar dari pendapat mayoritas ulama ahlussunnah. 

Baca juga: Takwil dan Tafwidh Dalam Mazhab Ahlussunnah Wal Jamaah

Makanya, jangan heran jika muncul orang-orang Wahabi yang menolak untuk menyebut ayat Istiwa' sebagai ayat mutasyabihat, dan menyebutnya sebagai ayat muhkamat.

Oleh: Saiful Anwar

Demikian Artikel " Ayat Istiwa' Termasuk Ayat Mutasyabihat "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close